Presentasi merupakan satu bentuk komunikasi. Presentasi dapat diartikan sebagai merupakan suatu kegiatan penyampaian informasi dihadaan banyak orang (audience) atau salah satu bentuk komunikasi. Sebuah presentasi akan berhasil jika presenter menguasai materi dan topik ang disajikan. Selain dari sisi presentasi dan peserta media presentasi yang baik akan mendukung keberhasilan presentasi. Dalam materi kali ini saya akan membahas tentang Unsur-Unsur Presentasi dan Software untuk Membuat Presentasi

Unsur-Unsur Presentasi


Dalam sebuah presentasi terdapat beberapa unsur pokok diantaranya.

a. Presenter

Presenter adalah pihak yang melakukan presentasi. Presenter yang baik akan sanggup memilih materi yang tepat dan mampu menarik perhatian audiencenya. Pastikan informasi yang akan disampaikan telah anda mengerti dengan jelas.

b. Audience

Audience adalah peserta presentasi. Pada presentasi apapun, tujuannya pasti adalah memberikan informasi kepada audience. Namun jangan hanya sekedar memberikan informasi, kita harus memastikan audience menangkap dan mengerti informasi yang kita berikan.

c. Tools

Tools adalah media atau alat presentasi. Beberapa peralatan digunakan untuk presentasi dari yang paling sederhana yaitu memakai karton/kertas, OHP<, Proyektor, dan lain-lain. Media membantu agar informasi yang kita ingin sampaikan dapat dimengerti oleh audience. Ersiapkan media yang sesuai. Salah satu media presentasi adalah slide. Untuk membuat slide presentasi dapat digunakan beberapa software.

Software Untuk Mengolah Presentasi


Banyak sekali kegunaan dan manfaat program presentasi, baik dalam dunia usaha, pendidikan, kesehatan, teknik, dan sebagainya. Secara umum kegunaan software presentasi adalah sebagai berikut.

  • Membuat presentasi dari suatu produk, pelajaran, materi seminar, produk unggulan, acara wisuda, dan sebagainya.
  • Menampilkan slide-slide presentasi.
  • Untuk merancang suatu animasi dalam pembuatan slide untuk keperluan presentasi. Dengan dimasukkannya suatu animasi/gambar dan suara dalam setiap slide, maka penyajian akan tampak lebih hidup serta memotivasi audience dan tidak semata-matga komunikas verbal melalui penuturan kata-kata oleh pemakalah (penyaji informasi) tetapi jug komunikasi non verbal sehingga audience tidak bosan dan pemakalah (penyaji) tidak kelebihan tenaga.


Berikut ini beberapa software untuk membuat slide presentasi.

a. Microsoft Power Point

Microsoft power point adalah program aplikasi presentasi yang dikeluarkan oleh perusahaan perangkat lunak Microsoft bersama-sama dengan aplikasi perkantoran Microsoft Office lainnya. Kelemahan dari aplikasi yang satu ini adalah hanya dapat dijalankan di sistem operasi Windows. Meskipun demikian, Power Point merupakan aplikasi presentasi yang paling banyak digunakan.

Unsur-Unsur Presentasi dan Software untuk Membuat Presentasi


Jendela Power Point dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar yang memungkinkan penggunanya dapat bekerja dengan mudah dan nyaman. Power point merupakan aplikasi presentasi paling populer digunakan oleh banyak user. Power Point memiliki kelengkapan fitur yang memudahkan pengguna dalam membuat presentasi. Karena hal inilah menjadikan PowerPoint mempunyai nilai lebih. Power Point sendiri dikembangkan oleh Microsoft. Sampai saat ini, Power Point sudah mencapai versi 2013. Mulai versi 2007 ada perbedaan tampilan dari versi sebelumnya.

b. Open Office Impress

Unsur-Unsur Presentasi dan Software untuk Membuat Presentasi


Open Office merupakan Office Suite yang sangat populer karena keahliannya. Bagi yang bergelut dengan Linux/Open Source sudah tentu sangat familiar denga OpenOffice. Dengan fitur yang tak kalah melimpa dibandingkan Microsoft Office, OpenOffice sangat layak untuk dicoba. Aplikasi ini dikembangkan oleh SUN Microsystem dengan bahasa Java yang tentu saja teah mendukung cross platform atau dapat dijalankan berbagai mesin/OS. Bila pengguna Power Point yang ingi beralih Open Source, maka Open Office Impress sangat cocok. Semua dokumen Microsoft Office kompatibel dengan OpenOffice, sehingga dapat membuka dokumen PowerPoint di Open Office Impress.

c. KPresenter

Unsur-Unsur Presentasi dan Software untuk Membuat Presentasi


KPresenter dikenal oleh pengguna Linuxdekstop yang menggunakan dekstop KDE. Karena memang dirancang untuk menjadi PowerPoint-nya KDE. Karena memang dirancang untuk menjadi PowerPoint-nya KDE. Maka dapat ditemui berbagai kemiripan antara KPresenter dan PowerPoint. Hal ini menjadi kelebihan untuk para pemakai Power Point yang ingin beralih ke lingkungan Linux. Dengan KParts, aneka ragam teks, gambar, chart, dan file multimedia, dapat ikut memperkaya materi presentasi yang digarap dengan KPresenter. Salah satu fitur menarik dari KPresenter adalah menghasilkan slideshow dalam format HTML. Begitu sebuah presentasi telah usai disunting, dapat menghasilkan versi HTML-nya yang cocok untuk diupload ke website.

d. Correl Presentation

Unsur-Unsur Presentasi dan Software untuk Membuat Presentasi


Corel tidak hanya membuat produk terkenal seperti Corel Draw. Tetapi juga memiliki produk Office yang dinamakan Coorel Presentasion. Corel Presentation merupakan aplikasi komersial seperti Microsoft Office. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang lumayan lengkap dan interface yang mudah. Corel Presentation memiliki fitur seperti koleksi foto dan gambar banyak, font beragam, dan harganya lebih murah dari Microsoft Office.

Itulah tadi informasi yang bisa saya sampaikan tentang Unsur-Unsur Presentasi dan Software untuk Membuat Presentasi semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

0 comments:

Post a Comment

 
Top