Peluang usaha yang dijalankan menjadi sebuah usaha dapat menuai keberhasilan ataupun kegagalan. Untuk menjadi seorang wirausaha harus mau menghadapi tantangan dan resiko yang ada. Resiko dijadikan sebagai pemacu untuk maju, dengan adanya resiko seorang wirausaha akan lebih maju. Berikut ini Faktor-Faktor keberhasilan dan Kegagalan Peluang Usaha adalah sebagai berikut.

a. Faktor-Faktor Keberhasilan Peluang Usaha

Faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan peluang usaha adalah sebagai berikut.

1. Peluan itu memenuhi ciri-ciri peluang usaha yang baik, bukan sekedar idee usaha atau baru inspirasi saja.

2. Peluang itu berasal dari hubungan yang bersinergi antara wirausaha dan usaha yang dijalankan, pasar, serta produk yang dihasilkan.

3. Peluang itu memiliki tingkat resiko kegagalan yang kecil bila dijalankan. Dalam arti tingkat visibilitasnya telah diperhitungkan dengan waktu saat diluncurkan di pasar.

4. Produk yang akan dihasilkan dari peluang itu telah diuji pasar, seperti hal-hal berikut.
  • Sberapa besar tingkat kebutuhan tersebut di pasar.
  • Seberapa tinggi tingakat kontinuitas kebutuhan akan produk tersebut.
  • Mengapa orang eenggan membeli dan menggunakan produk tersebut.
5. Produk yang akan dihasilkan dari peluang tersebut mengikuti tren (kecenderungan) perubahan pasar.

6. Produk yang akan dihasilkan dari peluang itu dapat terus menerus diinovasi dan ditingkatkan kualitasnya.

b. Faktor-Faktor Kegagalan Peluang Usaha

Faktor-Faktor keberhasilan dan kegagalan Peluang Usaha


Faktor-faktor yang mempengaruhi kegagalan peluang usaha adalah sebagai berikut.

1. Peluang itu bersifat jangka pendek karena kebutuhan pasar bersifat musiman dan tidak kontinu (sesaat)

2. Peluang itu sudah tidak kadaluwarsa atau telah ada orang yang memulai usaha tersebut

3. Peluang itu lewat begitu saja karena tidak segera di ambil keputusan untuk memulainnya

4. Peluang itu tidak berasal dari hubungan yang sinergis antara wirausaha dan usaha yang dijalankan, pasar, serta produk yang dihasilkan

5. Produk yang dihasilkan dari peluang itu tidak melalui uji pasar yang akurat sehingga terjadi hal-hal berikut
  • Produk tidak laku di pasar karena tingkat kebutuhan kecil atau penetapan harga jual yang terlalu tinggi
  • Produk terlihat sudah kuno (out of date) karenaa terjadi perubahan kebutuhan atau munculnya teknologi baru
  • Produk mudah ditiru orang lain
Itulah tadi sedikit informasi yang bisa saya sampaikan tentang Faktor-Faktor keberhasilan dan kegagalan Peluang Usaha semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

1 comments:

 
Top