Pernahkah Anda melakukan negosiasi? Apa tujuan Anda melakukan negosiasi? Berikut Pengertian, Tujua, Tekhnik dalam Bernegosiasi. Negosiasi merupakan proses tawar menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak (kelompok atau organisasi) dan pihak lain (kelompok atau organisasi lain).

Negosiasi

Berdasarkan pengertian tersebut dapat disipulkan makna tersirat dari kata negosiasi. Pengertian negosiasi tersebut mengandung beberapa unsur, yaitu sebagai berikut.
  1. Ada dua pihak yang terlibat.
  2. Ada kepentingan yang berbeda sehingga menimbulkan ketidakharmonisan.
  3. Ada perundingan atau pembicaraan sebagai usaha untuk berdamai.
Adapun tujuan dari sebuah negosiasi adalah sebagai berikut.
  1. Untuk mendapatkan atau mencapai kata sepakat yang mengandung kesamaan persepsi, saling pengertian, dan persetujuan.
  2. Untuk mendapatkan atau mencapai penyelesaian atau jalan keluar dari masalah yang dihadapi bersama.
  3. Untuk mendapatkan atau mencapai kondisi saling menguntungkan yang masing-masing pihak merasa senang (win-win solution).
Untuk mencapai negosiasi yang menghasilkan, perlu adanya penyampaian argumentasi yang kuat dan tak terbantahkan dengan kalimat yang menarik dan santun. Melalui kalimat yang menarik dan santun, diharapkan pihak lain tidak hanya mengakui kebenaran pendapat yang dikemukakan, tetapi juga tertarik pada penjelasan yang disampaikan sehingga bersepakat.

Setiap orang harus mempunyai kemampuan bernegosiasi untuk berbagai hal yang mungkin perlu dinegosiasikan. Kemampuan bernegosiasi juga perlu jika suatu saat terlibat dalam kegiatan bernegosiasi. Seperti untuk kepentingan organisasi, pekerjaan, atau yang berhubungan dengan hajat orang banyak.

Berikut kelebihan-kelebihan bernegosiasi.

Pengertian, Tujuan, Teknik dalam Bernegosiasi

  1. Komunikasi langsug dapat dilakukan melalui tatap muka.
  2. Antara mitra bisnis atau atasan dan bawahan akan lebih saling mengenal.
  3. Dapat menanyakan langsung kepada mitra bicara bila komunikasi kurang jelas.
  4. Hubungan kerja atau kegiatan organisasi akan menjadi lebih akrab.
  5. Ide serta saran yang disampaikan akan lebih cepat mendapatkan umpan balik.
  6. Dapat menghemat waktu, biaya, dan tenaga.
Agar sebuah negosiasi berjalan lancar ataupun berhasil, diperlukan beberapa tekhnik dalam bernegosiasi. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat menyampaikan pendapat bernegosiasi.
  1. Pendapat yang dikemukkakan disertai alasan, fakta, atau contoh yang jelas.
  2. Pendapat yang disampaikan dikemukakan dengan lancar, jelas, dan sopan.
  3. Perhatikan kejelasan pendapat yang dikemukakan. Hal ini berhubungan dengan gaya bicara orang yang mengemukakan pendapat.
  4. Agar mudah dipahami orang lain, sampaikan pendapat-pendapat dengan intonasi dan suara yang keras.
  5. Berbicaralah dengan sopan dan bijaksana saat menyampaikan pendapat. Jia ada perbedaan pendapat, hendaknya tidak disampaikan dengan cara kasar. Sampaikan pendapat atau gagasan lain yang ebih baik disertai alasan, fakta, dan cotoh yang masuk akal.
  6. Jangan mempertahankan pendapat dengan cara ngotot. Anda berhak menang dalam beradu pendapat, tetapi harus diusahakan agar tidak menjatuhkan orang lain. Biarlah forum yang memutuskan benar tidaknya pendapat anda.
Itulah tadi sedikit materi yang bisa saya sampaikan tentang Pengertian, Tujuan, Teknik dalam Bernegosiasi semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

0 comments:

Post a Comment

 
Top