Keberagaman budaya yang dimiliki oleh negara Indonesia menjadi identitas bangsa. Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang unik karena bisa hidup rukun dalam satu negara yang terdiri dari berbagai budaya. Banyak sekali manfaat yang bisa kita lihat karena keberagaman budaya misalnya, dengan adanya keberagaman budaya bangsa kita menjadi banyak di datangi oleh turis asing, tentu saja kedatangan turis asing tersebut dapat mendatangkan devisa bagi negara sehingga menambah kekayaan untuk negara kita tercinta ini. Banyak manfaat yang didapat dari sini, tidak hanya contoh tersebut saja, masih banyak manfaat yang lain, berikut ini Manfaat Keberagaman Budaya yaitu sebagai berikut.

1. Menumbuhkan Sikap Nasionalisme

Perbedaan budaya yang ada akan menciptakan rasa cinta tanah air, karena keaneragaman budaya adalah suatu kekayaan yang dimiliki suatu bangsa. Tidak hanya hasil tambang komoditas ekspor yang memengaruhi pendapatan negara, tetapi faktor budaya juga yang menjadi daya tark para wisatawan yang bisa mengubah devisa negara dan ini kekayaan yang bisa dimiliki suatu bangsa. Budaya mengajarkan kita akan nilai-nilai leluhur yang memiliki keunikan dan kegunaannya masing-masing. Ketika kita memandang bahwa keanekaragaman budaya adalah suatu kekayaan, dengan sendirinya kita akan berusaha menjaga kekayaan kita tersebut sehingga rasa nasionalisme, sikap memiliki, dan menghargai kekayaan bangsa akan timbul di dalam diri.

2. Identitas Bangsa di Mata Internasional

Dengan kemajemukan budaya yang ada bisa menjadi identitas diri suatu bangsa. Kita tahu bahwa bangsa Australia adalah bangsa Aborigin. Hal itu adalah salah satu identitas negara Australia di mata dunia. Kita tahu bahwa alat musik gitar akustik adalah ciri musik Latin dari Amerika Selatan, itu pun bisa menjadi ciri khas Amerika Selatan. Oleh sebab itu, manfaat keberagaman budaya Indonesia ini membuat indonesia memiliki banyak sekali artefak budaya yang bisa mengenalkan negara kita kepada dunia internasional. Dengan keanekaragaman budaya pula tentunya melahirkan identitas bangsa indonesia di mata dunia, misalnya kain batik.

3. Alat Pemersatu Bangsa

7 Manfaat Keberagaman Budaya


Dengan mempunnyai berbagai bahasa daerah, tidak menyeabkan bangsa indonesia terpecah belah, tetapi justru menambah kekkayaan perbendaharaan bahasa. Keunikan tersebut merupakan kekayaan yang tidak ada di negara lain. Binneka Tunggal Ika adalah simbol kerukunan yang ada di Indonesia dan sangat menarik di mata dunia.

4. Sebagai Ikon Pariwisata

Dengan melestarikan keberagaman budaya yang ada, dapat menjadi magnet dalam bidang pariwisata. Peninggalan masa lalu mulai dari bangunan, tarian, bahasa, dan artefak budaya lainnya bisa disulapmenjadi objek wisata yang bisa mendatangkan wisatawan yang tidak hanya domestik, tetapi juga wisatawan asing. Pemanfaatan di bidang pariwisata ini secara tidak langsung dapat meningkatkan devisa negara.

5. Menambah Pendapatan Nasional

Hal ini adalah efek dari manfaat keberagaman budaya dalam budaya pariwisata yang mendatangkan wisatawan asing dan domestik. Jika dikelola dengan baik oleh negara, objek pariwisata tersebut keuntungannya akan masuk ke kas negara. Oleh karena itu, pendapatan negara di dalam APBN akan bertambah dan bisa digunakan untuk pembangunan nasional.

6. Memupuk SikapToleransi

Masih banyak lagi manfaat yang dapat kita rasakan dari keberagaman budaya di Indonesia. Dengan adanya multikulturalisme (ragam budaya), diharapkan mempertebal sikap toleransi dan rasa tolong menolong serta nasionalisme kita.

7. Sumber Pengetahuan bagi Dunia

Budaya adalah nilai-nilai yang dimiliki suatu masyarakat dan dilambangkan dalam suatu bentuk artefak budaya yang bisa dinikmati oleh masyarakat dan generasi penerusnya. Dengan artefak, budaya kita akan mengenal nilai-nilai masyarakat di massa lalu. Hal ini sangat penting untuk dijadikan sumber pengetahuan. Bagi sejarawan dan budayawan, artefak budaya sangat penting dan harus dilestarikan, karena suatu artefak budaya dari masa lalu bisa menjadi sumber informasi yang berharga.

Itulah tadi sedikit informasi yang bisa saya sampaikan tentang Manfaat Keberagaman Budaya semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

0 comments:

Post a Comment

 
Top