PBB singkatan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan sering disebut juga dengan UNO yang berkepanjangan United Nations Organization. PBB ini dibentuk atas prakarsa dari dua orang yaitu Franklin Delana Roosevelt yang pada waktu itu adalah Presiden Amerika Serikat dan Winston Churchill yang menjabat Perdana Menteri Inggris waktu itu PBB atau UNO tidak dibentuk secara serta merta begitu saja, melainkan melalui beberapa tahapan mulai dari pertemuan di Kapal Augusta di Samudera Atlantik, hingga pada tanggal 24 Oktober 1945, terbentuklah PBB ini. Bangsa Indonesia juga ikut menjadi anggotanya walaupu beberapa saat kemudian sempat keluar dari keanggotaan karena sesuatu hal. Namun beberapa saat kemudian, Indonesia bergabung kembali dengan PBB ini. Berikut ini Peranan PBB bagi Dunia dan Indonesia

Peranan PBB bagi Dunia Internasional

a. Bidang Keamanan dan Perdamaian

PBB telah berupaya keras untuk menyelesaikan berbagai konflik yang berpotensi menghancurkan perdamaian dunia. Berbagai permasalahan tersebut diupayakan penyelesaiannya sebisa mungkin secara damai. Sebagai contoh, sengketa Kashmir antara India dan Pakistan (1945); sengketa Timur Tengah yang melibatkan Israel dan negara-negara Arab ( sejak 1918 sampai sekarang); krisis atara korea utara dan korea selatan (1950-1953); krisis Afganistan, Kamboja dan Vietnam; dan lain-lain.

b. Bidang Ekonomi

Peranan PBB bagi Dunia dan Indonesia



PBB mengkampanyekan pembangunan di negara-negara berkembang yang dilakukan dalam dua babak. Babak pertama ditekankan pada segi pemenuhan kebutuhan pokok, tetapi tanpa mengabaikan segi pertumbuhan. Selain itu, PBB turut berusaha menggalang dana guna membantu pembiayaan pembangunan negara-negara berkembang melalui IMF, UNDP, World Bank; ataupun lembaga-lembaga keuangan internasional lain.

c. Bidang Sosial Budaya, Kesehatan, dan kemanusiaan

PBB juga tidak tinggal diam. Buktinya dapat dilihat dari program-program pendidikan yang dicanangkan UNESCO, program kesehatan melalui WHO, kemanusiaan melalui UNHCR, dan masih bangyak lagi yang lainnya.

Peranan PBB bagi Bangsa dan Negara Indonesia

Semenjak berdiri, PBB te;ah memberikan jasa-jasa baiknya kepada bangsa dan negara indonesia. Hal ini dapat ingat kembali pada peristiwa-peristiwa berikut.

  1. PBB turut membantu menyelesaikan persengketaan antara indonesia dan Belanda dengan mengirimkan usaha yang disebut Komisi Tiga Negara (KTN) yang mendekatkan indonesia dan belanfda dalam perundingan Renvill.
  2. Semasa perang kolonial antara indonesia dan belanda, PBB mengirimkan UNCI yang membawa indonesia dan belanda ke meja perundingan yang dikenal dengan konferensi meja bundar (KMB). Sejak saat itu, belanda harus mengakui kedaulatan negara Republik Indonesia.
  3. Pada saat perjuangan pembebasan Irian Barat, negara Republik Indonesia berjuang dengan Trikora (Trikomando Rakyat) pada tanggal 19 Desember 1961. Dalam hal ini PBB berusaha mencegah terjadinya perang besar-besaran antara indonesia dan belanda. PBB menjadi perantara dalam perundingan antara indonesia dan belanda di New York. Dalam perundingan tersebut diperoleh kata sepakat bahwa PBB memegang kekuasaan sementara di irian barat sampai tanggal 1 mei 1963, saat penyerahan kekuasaan atas irian barat kepada pemerintah Republik Indonesia. Pemegangan kekuasaan sementara di irian barat yang di lakkuakan oleh PBB itu disebut United nations Temporary excutive Authority (UNTEA). Selain itu, bantuan-bantuan kepada indonesia juga dilakukan PBB melalui badan-badan khusus PBB, misalnya WHO, UNICEF, UNISCO, dan FAO.
Itulah tadi sedikit informasi yang bisa saya sampaikan tentang Peranan PBB bagi Dunia dan Indonesia semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

0 comments:

Post a Comment

 
Top