Agar komunikasi data dan jaringan komputer dapat berfungsi, dibutuhkan layanan-layanan yang dapat mengatur pembagian sumber daya dan aturan-aturan (protocols) yang mengatur komunikasi dan layanan-layanan secara umum untuk seluruh sistem jaringan. Berikut ini Jenis-Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Skala Jangkauan selengkapnya silahkan baca disini.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Skala Jangkauan

a. LAN (Local Area Network)

Lan adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil seperti jaringan komputer gedung, kantor, rumah, sekolah. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 ethernet menggunakan perangkat switch yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, attau 1.000 Mbps. Selain teknologi ethernet, saat ini tekhnologi 802.11 b (atau biasa disebut wifi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang biasa menyediakan koneksi LAN dengan teknologi wifi biasa disebut hotspot.

LAN digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dengan workstation dalam kantor, perusahaan, atau pabrik-pabrik untuk memakai peranti bersama misalnya printer dan scanner untuk saling bertukar informasi sesamai pemakai jaaringan LAN.

Lan dapat dibedakan dari jenis jaringan lainnya berdasarkan tiga karakteristik yaitu ukuran, teknologi transmisi, dan topologinya. LAN mempunyai ukuran yang terbatas. LAN tradisional beroperasi pada kecepatan mulai 10-100 Mbps dengan delay rendah. LAN modem dapat beroperasi pada kecepatan yang lebih tinggi, sampai ratusan MB per detik. Berdasarkan kabel yang digunakan ada dua cara membuat aringan LAN yaitu dengan kabel BNC dan kabel UTP, teknologi yang digunakan dalam jaringan LAN adalah ethernet LAN dan wireless LAN.

b. MAN (Metropolitan Area Network)

Jenis-Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Skala Jangkauan


Metropolitan Area Network (MAN) adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, dan pemerintahan. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangakauan dari MAN ini antara 10 hingga 50 KM. MAN merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antarkantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

c. WAN (Wide Area Network)

Wide Area Network adalah jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antarwilayah, kota, atau bahkan negara, atau dapat didefiniskan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan area lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

d. Internet

Internet merupakan kumpulan komputer yang terhubung dalam jaringan komputer global yang menghubungkan LAN, MAN, dan WAN dengan banyak router di dunia, sehingga bisa saling berkommunikasi meskipun berbeda flatform (mesin dan sistem operasi).

Teknologi kommunikasi data internet terdiri dari berbagai model dan flatform namun dapat saling terhubung dengan protokol TCP/IP dan aplikasi berbasis web

Itulah tadi sedikit materi yang bisa saya sampaikan tentang Jenis-Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Skala Jangkauan semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

1 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

 
Top