Pencemaran tanah adalah keadaan pada mana bahan kimia buatan manusia masuk dan mengubah lingkungan tanah alami. Pencemaran ini biasanya terjadi sebab: kebocoran limbah cair / bahan kimia industri / fasilitas komersial; penggunaan pestisida; masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub-permukaan; kecelakaan kendaraaan pengangkut minyak, zat kimia, ataupun limbah; air limbah untuk tempat penimbunan sampah dan limbah industri yang spontan dibuang ke tanah sebagaiselaku, ala, menurut, tidak memenuhi syarat (illegal dumping). Berikut ini adalah Polusi Tanah dan Dampaknya bagi Kehidupan
Sumber-sumber pencemaran tanah antara lain sebagai berikut.
  1. Limbah industri, berupa zat-zat beracun dari industri yang meresap ke dalam tanah
  2. Limbah rumah tangga berupa kaleng, kaca, plastik, dan detergen yang bersifat nonbiodegradable (sulit diuraikan secara alami)
  3. Limbah pertanian, berupa zat kimia ppenyusun pestisida.
Damak pencemaran tanah antara lain sebagai berikut

1. Mengganggu Keseimbangan Ekosistem

Polusi Tanah dan Dampaknya bagi Kehidupan


Pencemaran tanah juga dapat memberikan dampak terhadap ekosistem. Perubahan kimiawi tanah yang radikal dapat timbul dari adanya bahan kimia beracun/berbahaya, bahkan pada dosis yang rendah. Perubahan ini dapat menyebabkan perubahan metabolisme dari mikroorganisme endemik dan antropoda yang hidup di lingkungan tanah tersebut, bahkan dapat memusnahkan beberapa spesies primer dari rantai makanan yang dapat memberi akibat yang besar terhadap predator atau tingkatan lain dari rantai makanan tersebut. Jika efek kimia pada bentuk kehidupan terbawah tersebut rendah, bagian bawah piramida makanan dapat menelan bahan kimia asing yang lama kelamaan akan terkonsentrasi pada makhluk-makhluk penghuni piramida atas.

2. Menyebabkan Gangguan Kesehatan

Dampak pencemaran tanah terhadap kesehatan bergantung pada tipe polutan, jaur masuk ke dalam tubuh, dan kerentanan populasi yang terkena. Kromium, berbagai macam pestisida, dan herbisida merupakan bahan karsinogenik untuk semua populasi. Timbal sangat berbahaya pada anak-anak karena dapat menyebabkan kerusakan otak dan kerusakan ginjal pada seluruh populasi.

3. Perubahan Struktur Tanah

Bahan kimia yang masuk ke dalam tanah menyebabkan tanah akan mengalami perubahan struktur tanah. Hal ini menyebabkan kematian berbagai organisme penting di dalamnya. Hal ini juga akan memengaruhi predator yang lebih besar dan memaksa mereka untuk pindah ke tempat lain, setelah mereka kehilangan sumber makanan mereka.

Itulah tadi sedikit informasi yang bisa saya sampaikan tentang Polusi Tanah dan Dampaknya bagi Kehidupan semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

0 comments:

Post a Comment

 
Top