Selain keterampilan presentasi mengatur slide power point yang digunakan untuk presentasi juga sangat diperlukan, karena apabila membuat power point dengan slide yang biasa-biasa saja maka presentasi kita terlihat monoton dan audien mudah bosan mendengarkan presentasi kita.sehingga keterampilan dalam mengatur slide dalam pembuatan power point perlu dilatih untuk menciptakan suasana presentasi kita menjadi lebih menerik. Salah satu yang dapat kita lakukan untuk menjadikan slide tersebut lebih menarik untuk dilihat yaitu dengan memberikan efek pada slide tersebut. Berikut Mengatur Slide Presentasi pada Microsoft PowerPoint 2007
Mengatur Slide Presentasi

1. Menambah Slide

Untuk menambah Slide dapat dilakukan dengan cara klik tab Home-Grup Slides, klik pada ikon New Slide. Maka Slide akan bertambah satu di bawahnya. Atau juga dapat dilakukan dengan klik kanan pada slide-pilih New Slide. Maka akan bertambah satu slide di bawah slide pertama. Ada pilihan layout Slide jika menginginkan bentuk slide sesuai yang disediakan di layout tersebut.

2. Menyisipkan Slide

Menyisipkan slide merupakan menambahkan slide presentasi di sela-sela/diantara slide presentasi yang telah ada. Untuk menyisipkan slide bisa dilakukan dengan menambahkan New Slide di bawah slide yang atas.

3. Menggandakan Slide

Slide presentasi dapat digandakan, sehingga apabila suatu slide akan digunakan kembali tidak perlu membalik presentasi, tapi cukup dengan menggandakan slide tersebut. Untuk menggandakan slide dapat dilakukan dengan langkah-langkahnya klik pada slide yang akan digandakan. Klik tab Home-Grup Clipboard-Copy (CTRL+C) atau dengan klik kanan-Copy. Untuk menampilkan hasil penggandaan slide langkahnya Tab Home-Grup Clipboard-Paste (CTRL+V) atau dengan klik kanan-Paste. Selain itu juga adapat dilakukan dengan cara yang lebih mudah yaitu klik kanan pada slide yang akan digandakan dan pilih Duplicate Slide, maka slide akan menjadi dua.

4. Menghapus Slide

Mengatur Slide Presentasi pada Microsoft PowerPoint 2007


Langkah-langkah untuk menghapus slide adalah pilih slide yang akan dihapus pada slide tab. Klik pada Tab Home-Grup Slide-Delete atau dengan klik kanan-Delete. Apabila ada beberapa slide yang akan dihapus, pilih slide berikutnya disertai dengan menekan CTRL pada keyboard. Namun apabila yang akan dihapus lebih dari satu slide namun berurutan, maka pilih awal slide yang akan dihapus, kemudian pilih bagian akhir yang akan dihapus sambill menekan tombol SHIFT pada keyboard.

5. Mengatur Background

Kita dapat mengatur background slide dengan berbagai macam pilihan. Selain template design yang sudah disiapkan ada juga pilihan background slide yang meliputi, warna solid, warna gradasi, gambar atau tekstur. Untuk mengatur background slide dapat dilakukan dengan klik tab menu Design-Background Style-Format Background. Sehingga muncul kotak dialog format background. Atau dapat dilakukan dengan langkah yang mudah yaitu klik kanan pada slide dan pilih format background.

Maka akan muncul kotak dialog Format Background. Anda dapat melakukan ppengaturan sesuai yang Anda inginkan disini. Jika menginginkan tampilan format background dalam pegaturan secara personal pilih opsi Picture.

6. Menggunakan Themes

Themes adalah desain slide yang sudah disiapkan oleh Ms PowerPoint 2007. Ada banyak themes slide yang akan digunakan. Untuk mengunakan themes slide klik tab menu Design-grup Themes. Pilih themes yang Anda inginkan. Untuk lebih banyak themes dapat di klik More Themes.

Pada kotak dialog Themes yang muncul, pilih jenis Themes nya. Pilihlah salah satu Themes yang tersedia, misalnya Urban. Maka semua slide pada slide dokumen Anda mempunyai Themes yang sama. Untuk menggunakan MultipleThemes dalam satu presentasi dapat dilakukan dengan cara yang sama. Klik pada Slide yang akan dibedakan Themes nya, pilih slide seperti cara di atas, lakukan klik kanan dan pilih Apply to Selected Slides. Lakukan juga pada slide yang lainnya.

Itulah tadi beberapa cara Mengatur Slide Presentasi pada Microsoft PowerPoint 2007 seoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.http://nanaaykac.blogspot.com

1 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

 
Top