Editing merupakan bagian terpenting dalam membuat presentasi karena dengan melakukan editing kita dapat membuat presentasi menjadi menarik untuk dilihat. Berikut Melakukan Editing pada Dokumen Presentasi Ms PowerPoint 2007

Melakukan Editing pada Dokumen Presentasi Ms PowerPoint 2007


1. Membuat Slide Baru

Untuk membuat slide pada presentadi baru, dapat menggunakan ikon atau bisa dengan menggunakan langkah-langkah:
  • Klik Office Button-pada kotak dialog yang muncul pilih Blank dan Recent-Blank Presentation-klik tombol Create. Dari kotak dialog di atas Anda dapat memilih tipe presentasi yang Anda inginkan. Pilih Blank and Recent.
  • Kemudian akan muncul jendela presentasi di layar monitor Anda, jendela presentasi yang muncul ini adalah slide judul New Presentation.
2. Memasukkan Teks

Teks pada Slide biasanya terletak pada Placeholder. Placeholder adalah daerah yang terletak pada bagian dari slide. Klik pada kotak teks yang bertuliskan Clik to Add Title. Ketik teks yang Anda inginkan, klik di luar kotak teks apabila telah selesai.

Selain dengan menambahkan teks secara default, Anda dapat pula memasukkan teks dengan TextBox. Klik pointer pada lembar kerja slide atau klik tahan geser untuk membentuk sebuah kotak teks. Ketik teks yang Anda inginkan.

3. Mengatur Font

Untuk mengatur bentuk dan seleksi/pilih teks terlebih dahulu, kemudian klik tab menu Home-grup Font. Aturlah jenis huruf dan style serta efeknya sesuai yang Anda inginkan. Anda juga dapat mengatur ukuran huruf, warna huruf dan lain-lain. Jika ingin mengatur sekaligus deapat dilakukan dengan klik panah kecil pada pojok kanan bawah. Akan muncul kotak dialog pengaturan teks. Kemudian klik tombol OK perhatikan perubahan teks Anda.

4. Mengatur Perataan Teks

Untuk mengatur perataan teks, seleksi/pilih isi teks klik tab menu Home pada grup Paragraph kemudian klik salah satu ikon perataan teks. Atau dapat menggunakan klik panah kecil pada pojok kanan bawah, maka akan muncul kotak dialog Paragraph. Atur perataan teks.

5. Mengatur Bulleted dan Numbering

Melakukan Editing pada Dokumen Presentasi Ms PowerPoint 2007


a. Membuat Bullet

Untuk membuat Bullet teks pilih isi teks slide tersebut. Klik tab menu Home-grup Paragraph. kemudian klik ikon menu Bullet-Arrow Bullet. Atau Anda bisa memilih pilihan yang lain yang tersedia.

b. Membuat Numbering

Untuk membuat Numbering langkahnya hampir sama dengan membuat Bulleted. Pilih isi teks slide tersebut. Klik tab menu Home-grup Paragraph, klik ikon Numbering kemudian pilih bentuk Numbering yang Anda inginkan.

Untuk melakukan pengaturan lebih jauh terhadap format Numbering Anda, klik kembali ikon Numbering-Bulets and Numbering. Lakukan pengaturan lebih lanjut pada kotak dialog yang muncul.

6. Menggandakan dan Memindahkan Teks

Memindahkan teks adalah menghapus teks di satu lokasi dan menempatkan di lokasi lain. Sedang menyalin teks adalah menggandakan teks atau elemen lain dan menyisipkannya pada lokasi laintanpa mengubah teks atau elemen asli.

Langkah untuk memindahkan teks:

Lakukan seleksi pada teks yang akan dipindahkan. Klik tab Home-grup Clipboard-klik tombol Cut atau tekan tombol kombinasi CTRL+X pada keyboard. Pindahkan kursor ke lokasi baru. Klik kembali tab Home-grup Clipboard-klik tombol Paste atau tekan tombol CTRL+V pada keyboard untuk melihat hasilnya.

Langkah untuk menggandakan teks:

Lakukan seleksi pada teks yang akan dipindahkan. Klik tab Home-grup Clipboard, klik tombol Copy atau tekan tombol CTRL+C pada keyboard. Pindahkan kursor ke lokasi baru. Klik kembali ke tab Home-grup Clipboard, klik tombol paste atau tekan CTRL+V pada keybooard untuk melihat hasilnya.

Itulah cara-cara Melakukan Editing pada Dokumen Presentasi Ms PowerPoint 2007 semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

0 comments:

Post a Comment

 
Top