Suatu hubungan antarbangsa dan negara akan dapat berlangsung dengan baik apabila terdapat pedoman-pedoman yang menjadi landasan berpijak. Pedoman-pedoman internasional, harus dipatuhi pihak-pihak yang mengadakan hubungan baik tertulis maupun tidak tertulis. Berikut ini Sarana-Sarana Hubungan Internasional Bagi Suatu Negara selengkapnya silahkan baca disini.

Sarana-Sarana Hubungan Internasional

Sarana-Sarana Hubungan Internasional Bagi Suatu Negara


Menurut J. Frankel, sarana-sarana untuk menyelenggarakan hubungan internasional adalah sebagai berikut.

a. Diplomasi

Dalam arti luas, diplomasi menunjuk pada seluruh kegiatan untuk melaksanakan politik luar negeri suatu negara dalam hubungannya dengan bangsa dan negara lain, sedangkan tugas-tugas yang mewakili suatu negara di negara lain dan berkedudukan di perwakilan diplomatik disebut diplomat.

Pada umumnya diplomasi hanya melibatkan dua negara (bilateral). Namun, seiring dengan perkembangan zaman, masalah antar negara semakin kompleks sehingga diplomasi kini diikuti oleh banyak negara (multilateral).

Diplomasi mencakup berbagai macam kegiatan, seperti yang diungkapkan oleh Sumarsono Mestoko berikut.
  1. Menentukan tujuan menggunakan semua daya dan tenaga untuk mencapai tujuan tersebut.
  2. Menyesuaikan kepentingan dari bangsa lain dengan kepentingan nasional sesuai dengan daya dan tenaga yang ada padanya.
  3. Menentukan apakah tujuan nasional sejalan atau berbeda dengan kepentingan bangsa atau negara lain.
b. Propaganda

Propaganda adalah usaha sistematis yang digunakan untuk memenggaruhi pikiran, emosi, dan tindakan suatu kelompok demi kepentingan masyarakat umum.

Keseluruhan propaganda bersifat verbal, tetapi beda dari diplomasi mengenai dua hal yaitu sebagai berikut.
  1. Propaganda lebih ditujukan kepada rakyat negara lain daripaa pemerintahannya.
  2. Prpaganda untuk kepentingan diri sendiri, benar-benar perjuangan untuk kepentingan nasional dari negara yang membuat propaganda. Tak ada usaha untuk mencari kompromi antara epentingan-kepentingan negara yang bersaing, tujuannya benar-benar untuk keuntungan negara yang melakukan propaganda itu.
Untuk melakukan propaganda, dipakailah alat propaganda. Awla mulanya menggunakan radio gelombang jarak pendek. Namun, sekarang telah berkembang pada alat-alat yang lebih canggih , misalnya internet. Informasi apapun dari berbagai tempat bisa diakses melalui internet.

Masyarakat biasanya akan memberikan respon pada sebuah slogan yang mengandung kata-kata berharga dan positif , misalnya perdamaian, toleransi, dan hak-hak asasi manusia. Seringnya propaganda dilakukan serta dalam jangka waktu yang panjang akan memperbesar pengaruh propaganda tersebut.

c. Ekonomi

Sarana ekonomi memegang peranan yang cukup penting sebagai sarana hubungan internasional. Seperti yang kita ketahui bahwa ekonomi merupakan satu hal yang tidak bisa dikesampingkan dalam kehidupan manusia. Perkembangan sarana ekonomi menuju internasionalisasi sangat pesat. Sarana ekonomi selalu digunakan dalam berbagai suasana damai maupun perang.

Bagi setiap negara, sarana ekonomi merupakan hal yang sangat vital. Sebagai contoh, bagi negara yang kekurangan bahan-bahan mentah, mereka mengatasinya melalui perdagangan internasional. Melalui perdagangan itulah negara-negara tersebut saling mendapatkan keuntungan.

d. Kekuatan Militer dan Perang

Dalam penggunaan sarana militer, tidak bisa sebebas sarana-sarana yang lain karena dibatasi oleh ketentuan-ketentuan internasional. Kepemilikan sarana militer yang kuat dan tangguh akan berpengaruh terhadap hubungan dengan negara lain. Semakin tangguh kekuatan militer suatu negara , akan semakin menambah kepercayaan dirinya di dunia internasional.

Selain itu, kekuatan militer juga berfungsi sebagai alat pertahanan terhadap serangan/tekanan-tekanan yang mungkin saja mengancam sebuah negara. Untuk dapat diketaahui oleh negara lain, kekuatan militer ini harus diperlihatkan melalui berbagai cara, antara lain melalui demonstrasi Angkatan Laut, formasi pasukan yang diperhatikan saat parade hari-hari nasional, atau penempatan pasukan di perbatasan. Cara-cara tersebut dilakukan dengan tujuan agar dijadikan bahan pertimbangan bagi negara-negara lain jika berniat melakukan suatu serangan. Meskipun terkesan unjuk kekuatan, cara ini dirasa lebih mudah dan efektif daripada menggunakannya dalam perang.

Itulah tadi sedikit informasi yang bisa saya berikan tentang Sarana-Sarana Hubungan Internasional Bagi Suatu Negara semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

0 comments:

Post a Comment

 
Top