Tujuan diskusi adalah mencapai hasil berupa kesepakatan terhadap sesuatu atau pemecahan terhadap suatu masalah. Memberikan simpulan dalam diskusi merupakan tugas moderator. Namun untuk merumuskan simpulan, pesrta diskusi dapat diikutsertakan agar simpulan yang diambil lebih objektif dan valid. Berikut ini Mengambil Simpulan dan Membuat Laporan Diskusi selengkapnya silahkan baca disini.
Mengambil Simpulan dalam Diskusi

Tujuan diskusi adalah menghasilkan kesepakatan atau pemecahan terhadap suatu masalah. Memberikan simpulan dalam diskusi merupakan tugas moderator namun, untuk merumuskan simpulan, peserta diskusi dapat diikut sertakan agar simpulan yang diambil lebih objektif dan valid.

Secara umum, simpulan dapat diambil melalui penalaran deduktif maupun induktif. Dalam diskusi simpulan diambil berdasarkan hal-hal berikut.

  1. Pendapat yang dapat di terima oleh semua peserta diskusi.
  2. Data-data dan fakta yang benar serta dapat diterima kebenarannya oleh peserta diskusi .
  3. Segala pendapat atau gagasan yang sama dan sejalan.
  4. Voting atau mengambil suara terbanyak dari peserta diskusi yang hadir.
  5. Simpulan diupayakan berupa rumusan yang inovatif, solusif, dan implementatif.
Mengambil Simpulan dan Membuat Laporan Diskusi


Membuat laporan diskusi

Laporan diskusi dibuat setelah selesai melaksanakan diskusi. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyusun laporan diskusi adalah sebagai berikut.

  1. laporan diuraikan secara lengkap, tetapi singkat.
  2. Isi laporan bersifat objektif dan sesuai dengan hasil diskusi yang telah dilaksanakan.
  3. Uraian laporan meliputi tujuan diskusi, pelaksaan diskusi (hari, tanggal, tempat, eaktu, dan peserta), masalah yang di diskusikan, serta kesimpulan hasi diskusi.

Laporan diskusi bisa dibuat dalam bentuk notula. Notula adalah catatan mengenai semua pembicaraan dalam sebuah rapat. Notula merupakan sumber informasi atau dokumen yang autentik. Notula harus ditulis secara secara teliti, artinya semua pokok persoalan yang dibahas dalam rapat harus ditulis dengan tepat, harus sesuai dengan pokok pembicaraan dan harus jelas (isi harus mudah dipahami).

Berikut adalah bagian-bagian notula.


Bagian awal notula teridiri dari
  • Nama notula
  • Nama instansi
Pembuka notula terdiri dari
  • Sifat rapat
  • Hari/tanggal rapat.
  • Tempat rapat.
  • Waktu rapat.
  • Pemimpin rapat.
  • Acara rapat.
  • Peserta rapat.
Isi notula terdiri dari
  • Pendahuluan.
  • Isi pokok, dan
  • Penutup.
Penutup notula terdiri dari
  • Tempat, tanggal, bulan dan tahun,
  • Kata notulis atau pembuat notula,
  • Nama pembuat notula,
  • Kata mengetahui dan menyetujui,
  • Kata pimpinan atau ketua, serta
  • Nama pimpinan atau ketua rapat.
Itulah tadi sedikit informasi yang bisa saya sampaikan tentang Mengambil Simpulan dan Membuat Laporan Diskusi semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

0 comments:

Post a Comment

 
Top