Agar komputer dapat berkomunikasi dengan komputer lainnya diperlukan suatu cara atau peraturan-peraturan untuk melakukan komunikasi,peraturan tersebut disebut dengan protokol Seiring dengan perkembangan komputer yang begitu pesat, protokol-protokol jaringan juga mengalami banyak perkembangan. Berikut ini Jenis-Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Arsitektur selengkapnya silahkan baca disini.

Jaringan Komputer Berdasarkan Arsitektur

a. Peer-to-Peer

Jaringan peer-to-peer adalah jaringan komputer yang mana setiap komputer host dapat menjadi server dan dapat menjadi client secara bersamaan. Jaringan peer-to-peer juga sebuah workgroup, dimana setiap komputer dapat berfungsi sebagai client dan server sekaligus.

Keuntungan jaringan peer-to-peer antara lain tidak ada biaya tambahan untuk pembelian hardware dan software server dan tidak diperlukan adinistrator jaringan. Adapun kekurangan jaringan peer-to-peer antara lain sharing sumber daya membebani proses di komputer yang bersangkutan dan keamanan tidak terjamin.

b. Client-Server

Jenis-Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Arsitektur


Client-server yaitu jaringan komunikasi data yang terdiri dari banyak client dan satu atau lebih server. Server (back end) merupakan penyediaan layanan yang menyediakan akses ke sumber daya jaringan, sedangkan client (front end) merupakan komputer yang meminta layanan dari server.

Berikut adalah keuntungan jaringan client-server.
  1. Penyimpanan data yang terpusat memberikan kemudahan untuk pengelolaan dan back up data
  2. Penggunaan speseifikasi server yang optimal mempercepat proses komunikasi di jaringan
  3. Kemudahan mengatur user dan sharing peralatan
  4. Keamanan lebih terjamin
Berikut adalah kelemahan jaringan client-server
  1. Biaya pembelian hardware dan software untuk server
  2. Dibutuhkan administrator jaringan
c. Hybrid

Jaringan hybrid merupakan jaringan gabungan dari jaringan client-server dan peer-to-peer, namun di ambil dari segi keuntungan kedua jaringan tersebut. Dengan jaringan hybrid pemakai (user) dapat mengakses sumber daya yang di share oleh jaringan peer-to—peer, dan secara bersamaan dapat menggunakan sumber daya yang disediakan oleh server.

Itulah tadi sedikit informasi yang bisa saya sampaikan tentang Jenis-Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Arsitektur semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

1 comments:

  1. nambah ilmu mengenai jaringan komputer ini min, makasih sudah share...
    solder uap

    ReplyDelete

 
Top