Agar komputer dapat berkomunikasi dengan komputer lainnya diperlukan suatu cara atau peraturan-peraturan untuk melakukan komunikasi,peraturan tersebut disebut dengan protokol Seiring dengan perkembangan komputer yang begitu pesat, protokol-protokol jaringan juga mengalami banyak perkembangan. Berikut ini Jenis-Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Protokol selengkapnya silahkan baca disini.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Protokol

Karena begitu kompleksnya tugas-tugas yang harus disediakan dan dilakukan oleh suatu jaringan komputer, maka suatu organisasi standar ISO (Internasional Standar Organization) pada tahun 1997 membentuk suatu komite untuk mengembangkan suatu arsitektur jaringan. Hasil dari komite tersebut adalah model referensi OSI (Open System Interconnection). Model referensi OSI mempunyai 7 lapisan (layer) OSI beserta fungsinya.

Application layer, menyediakan layanan untuk aplikasi misalnya transfer file, e-mail, dan akses suatu komputer atau layanan.

Presentation layer, bertanggung jawab untuk menyandikan informasi. Laisan ini membuat sua host dapat berkomunikasi.

Session layer, membuat sesi untuk proses dan mengakhiri sesi tersebut. Contohnya: jika ada ogin secara interaktif maka sesi dimulai, dan kemudia jika ada permintaan log off maka sesi berakhir.lapisan ini juga menghubungkan lagi jika sesi login terganggu sehingga terputus.

Transport layer, lapisan ini mengatur pengiriman pesan dari host-host di jaringan. Pertama data dibagi-bagi menjadi paket-paket sebeum pengiriman dan kemudian penerimaan akan menggabungkan paket-paket tersebut menjadi data utuh kembali. Laapisan ini juga memastikan bahwa pengiriman data bebas kesalahan dan kehilangan paket data.

Network layer, lapisan yang bertanggung jawab untuk menerjemahkan alamat logis jaringan ke alamat fisik jaringan. Lapisan ini juga memberi identitas alamat, jalur perjalanan pengiriman data, dan mengatur masalah jaringan, misalnya pengiriman paket-paket data.

Data link layer, lapisan data link mengendalikan kesalahan antara dua komputer yang berkomunikasi lewat lapisan physical. Data link biasanya digunakan oleh hub dan switch.

Physical layer, llapisan physical mengatur pengiriman data berupa bit lewat kabel. Lapisan ini berkaitan langsung dengan perangkat keras seperti kabel dan kartu jaringan (LAN card)

Model arsitektur OSI pada kenyataannya hanya sebagai referensi dengan hal tersebut, maka ada arstektur protokol yang umum digunakan yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Arsitektur TCP/IP lebih sederhana daripada tumpukan protocol OSI yaitu berjumlah 5 lapisan protokol.

Beberapa protokol yang banyak dikenal adalah FTP (File Transfer Protocol) yang digunakan pada saat pengiriman file dan protokol HTTP merupakan protokol yang dikenal baik karena banyak digunakan untuk mengakses halaman-halaman web di internet.

Lapisan TCP/IP terdiri dari empat lapisan yaitu sebagai berikut.

a. Link (lapisan OSI 1 dan 2)

Jenis-Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Protokol


Contoh dari lapisan ini adalah ethernet, WIFI, dan MPLS.implementasi untuk lapisan ini biasanya terlletak pada driver ataupun chipset firmware.

b. Internetwork (lapisan OSI 3)

Seperti halnya rancangan awal pada lapisan network (lapisan OSI 3), lapisan ini bertanggung jawab atas sampainya sebuah paket tujuan melalui sebuah kelompok jaringan komputer. Lapisan internetwork pada TCP/IP memiliki tugas tambahan yaitu mengatur sebuah paket akan sampai tujuan melalui beberapa kelompok jaringan komputer apabila dibutuhkan.

c. Transport (lapisan OSI 4 dan 5)

Contoh dari lapisan ini adalah TCP, UDP, dan RTP.

d. Application (lapisan OSI 5 sampai dengan 7)

Contoh dari lapisan ini adalah HTTP, FTP, dan DNS. Oleh kkarena setiap lapisan memiliki tugas yang independent dari lapisan-lapisan lainnya, maka transparansi data akan terjamin. Sebagai contoh, semua jenis browser internet akan tetap digunakan sekalipun media fisik yang digunakan berubah dari kabel tembaga menjadi sinyal radio.

Itulah tadi sedikit informasi yang bisa saya sampaikan tentang Jenis-Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Protokol semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

0 comments:

Post a Comment

 
Top