Diskusi merupakan suatu bentuk bertukar pikiran yang teratur dan terarah baik dalam kelompok kecil maupun kelompok besar. Beberapa pendapat akan muncul dalam diskusi. Pendapat merupakan gagasan, pikiran, atau ide tentang suatu hal (orang atau peristiwa). Jika Anda mengajukan pendapat dalam diskusi, Anda harus menyertakan argumentasi. Argumentasi adalah pemberian alasan, contoh, dan bukti sehingga peserta diskusi membenarkan pendapat, gagasan, dan sikap. Anda dapat mengemukakan persetujuan atau penolakan terhadap pendapat orang lain. Akan tetapi, persetujuan dan penolakan tersebut harus bersifat objektif dan disertai alasan yang logis. Berikut ini Menyampaikan Pendapat atau Sanggahan dalam Diskusi selengkapnya silahkan baca disini.

Bagian lain dari kegiatan diskusi adalah menyamoaikan gagasan atau tanggapan, baik setuju maupun tidak setuju. Ketika menyampaikan pendapat atau gagasan di dalam diskusi, hal-hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut.

  1. Gagasan yang akan disampaikan harus sesuai dengan topik yang sedang dibahas.
  2. Pendapat harus bersifat logis, yaitu harus dapat diterima oleh akal disertai alasan-alasan serta bukti dan fakta-fakta sehingga pendapat yang dikemukakan dapat meyakinkan peserta diskusi yang lainnya.
  3. Pendapat harus bersifat analitis, yaitu pendapat disampaikan secara sistematis, teratur dan mendalam serta tidak berbelit-belit.
  4. Pendapat harus di sampaikan secara kreatif, yaitu apa yang dismpaikan merupakan hal yang baru dan bernilai tinggi atau berkualitas.
  5. Semua pengungkapkan gagasan, ide atau usulan harus disampaikan dengan bahasan yang santun , jelas, tepat, dan objektif.
Menyampaikan Pendapat atau Sanggahan dalam Diskusi


Apabila hendak menyampaikan tanggapan berupa sanggahan, Anda harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut.

  1. Menyatakan permohonan maaf terlebih dahulu sebelum menyampaikan sanggahan atau ketidaksetujuan.
  2. Menyampaikan sanggahan dengan alasan yang logis.
  3. Sanggahan diusahakan menyempurnakan atau memberikan solusi alternatif terhadap gagasan yang akan ditanggapi.
  4. Hindari ungkapan-ungkapan yang merendahkan.
  5. Hilangkan sikap sini dan egois dalam mengungkapkan penolakan.
  6. Sampaikan sanggahan dengan kalimat yang baik, sopan, dan tidak menyinggung perasaan.

Selain tanggapan berupa sanggahan, terdapat pula tanggapan berupa persetujuan atau dukungan terhadap suatu pendapat yang dikemukakan orang lain. Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika menyampaikan tanggapan berupa persetujuan atau dukungan adalah sebagai berikut.

  1. Pernyataan dukungan diungkapkan dengan jelas, tidak berbelit-belit, serta dengan bahasa yang santun.
  2. Persetujuan yang diungkapkan dengan logis berdasarkan fakta dan alasan yang bisa diterima.
  3. Persetujuan disampaikan dengan wajar dan tidak berlebihan.
  4. Dukungan harus diungkapkan secara objektif.
Itulah tadi sedikit informasi yang bisa saya sampaikan tentang Menyampaikan Pendapat atau Sanggahan dalam Diskusi semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

0 comments:

Post a Comment

 
Top