Manusia dan kebudayaan adalah dua unsur yang tidak dapat dipisahkan. Setiap manusia memiliki kebudayaan sehingga terbentuklah keaneragaman budaya. Indonesia terletak di wilayah yang menghampar dari ujung utara pulau Weh samapai kebagian timur di pulau Merauke. Selain itu, Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa dengan keragaman budaya yang dimilikinya.

Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang memiliki keaneragaman budaya lokal. Di dalam perkembangannya, budaya lokal masyarakat Indonesia tersebut mengalami perubahan akibat pengaruh budaya asing dan pengaruh antar budaya. Perubahan budaya tersebut terjadi karena adanya hubungan antar budaya yang saling memengaruhi satu sama lain. Berikut Pengertian Budaya dari Kata Aslinya dan Menurut Para Ahli untuk lebih lengkapnya silahkan baca disini.

Pengertian Budaya dari Kata Aslinya


Istilah budaya berasal dari bahasa Sanskerta, yaitu buddhayah yang merupakan bentuk jamak dan buddhi yang berarti akal pikiran, sedangkan daya berarti usaha atau ikhtiar. Jadi, budaya adalah usaha atau ikhtiar dari budi. Dengan demikian, budaya diartikan sebagai sesuatu yang bersangkutan dengan budi dan akal.

Dalam bahasa Inggris, budaya disebut culture. Istilah culture sebenarnya berasal dari kata latin yaitu colere, yang berarti mengolah, mengerjakan, menyuburkan, dan mengembangkan terutama mengolah tanah atau bertani. Istilah culture pun mengalami perkembangan arti yaitu segala daya dan aktivitas manusia untuk mengolah dan mengubah alam.

Pengertian Kebudayaan Menurut Beberapa Ahli

Pengertian Budaya dari Kata Aslinya dan Menurut Para Ahli


Belajar mengenai budaya, kita juga akan dihadapkan pada istilah kebudayaan. Hal ini karena budaya dan kebudayaan memiliki arti yang hampir sama. Dengan kata lain, belajar budaya kita juga belajar kebudayaan. Apa dan bagaimana kebudayaan secara luas akan kita pelajari pada materi selanjutnya.

Setiap masyarakat di suatu daerah memiliki kebudayaan. Melalui kebudayaan tingkat peradapan masyarakat dapat dilihat. Kebudayaan suatu masyarakat dapat berupa tingkah laku, cara berpikir, hasil karya, aturan-aturan yang berlaku di masyarakat, dan lain-lain. Kebudayaan selalu berubah mengikuti perkembangan zaman. Lantas, apakah definisi kebudayaan itu?

Berikut definisi kebudayaan menurut beberapa ahli.

a. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi

Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi merumuskan kebudayaan adalah semua hasil karya, cipta, dan rasa masyarakat. Karya adalah kemampuan manusia menghasilkan benda-benda atau hasil-hasil berwujud. Cipta adalah kemampuan menghasilkan kepercayaan, kesusilaan, kesopanan, hukum, dan lain-lain. Rasa adalah kemampuan manusia untuk menghasilkan sesuatu yang dapat dirasakan.

b. E.B. Tylor

Dalam bukunya yang berjudul Primitive Culture, E.B. Taylor mendefinisikan kebudayaan sebagai komunikasi (jalinan) dalam keseluruhan yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, keagamaan, hukum, adat istiadat, serta kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan manusia sebagai anggota masyarakat.

c. Koentjaraningrat

Menurut Koentjaraningrat, kebudayaan adalah keseluuhan ide-ide, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik manusia dengan belajar.

d. Krober

Menurut Krober, kebudayaan adalah keseluruhan gerak, kebiasaan, tata cara, gagasan, dan nilai-nilai yang dipelajari serta diwariskan serta perilaku yang ditimbulkannya.

e. C. Kluckhohn

Menurut C. kluckhohn, kebudayaan adalah pola perilaku eksplisit dan implisit yag dipelajari dan diwariskan melalui simbol yang merupakan prestasi khas manusia, termasuk perwujudannya dalam bentuk benda budaya.

Itulah tadi sedikit informasi yang bisa saya sampaikan tentang Pengertian Budaya dari Kata Aslinya dan Menurut Para Ahli semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

0 comments:

Post a Comment

 
Top