Kecepatan jaringan 3G dan 4G yang kian berkembang membuat pengguna ponsel pintar membutuhkan kuota besar untuk memenuhi keperluan berselancar di internet. Namun, terkadang memiliki kuota besar justru akan membuat pengguna keasyikan saat internet-an, dan tanpa disadari kuota yang dimiliki pun terasa cepat habis.

Tentu saja hal tersebut sering terjadi pada pengguna yang aktif menggunakan ponsel pintar. Apalagi jika di dalam ponsel terdapat banyak aplikasi yang dapat menyedot kuota secara otomatis. Adakah solusi untuk mengatasi masalah 'kecolongan kuota' yang terjadi pada ponsel pintar? Pastinya ada disini saya sudah menjelaskan 9 Tips Hemat Kuota Data Internet di Android untuk selengkapnya silahkan baca disini.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Telkomsel punya tips untuk pengguna ponsel Android agar dapat menghemat kuota internet dengan melakukan hal-hal berikut:

1. Kompres Halaman Pada Google Chrome

9 Tips Hemat Kuota Data Internet di Android


Jika kamu menggunakan Google Chrome untuk menjelajah dunia internet, maka tips satu ini akan sangat bermanfaat untuk kamu loh guys. Aktifkan opsi Data Saver yang ada pada Chrome, kemudian dengan melakukan cara ini kamu sudah bisa menghemat hingga 30-35% konsumsi kuota data internet kamu.
Menggunakan fitur Data Saver, tentu saja akan sedikit memperlambat kenikmatan kamu menjamah dunia internet. Tetapi, tidak berarti ini akan menghambat kamu terlalu parah kok. Untuk mengaktifkannya, kamu perlu masuk ke ikon opsi di sebelah kanan atas, menuju Settings, dan pilih Data Saver.

2. Opera Berikan Kenyamanan Mengompresi Video

Browser Android lainnya, yaitu Opera juga memiliki pilihan menarik yang sangat berguna. Fitur tersebut yakni memungkinkan kamu untuk mengompresi video saat melakukan penjelajahan di dunia maya. Tentu saja, menonton video secara streaming, sangat memakan kuota data kamu. Sehingga, paket internet kamu selalu saja cepat habis.

Dengan adanya fitur di Opera ini, kamu nggak perlu khawatir untuk menonton video streaming. Sudah pasti, fitur ini sangat menghemat kuota data ketika digunakan saat menjelajah dunia maya. Apalagi, jika video yang terputar, merupakan ketidaksengajaan dari hasil penjelajahan kita. Untuk mengaktifkannya, kamu perludownload browser Opera, kemudian pilih Settings, dan klik Data Savings. Mudah bukan?

3. Jangan Gunakan Aplikasi Facebook


Siapa yang nggak pakai Facebook? Pasti culun banget deh kalau di tahun 2016, kamu masih belum menggunakan FB. Ya, aplikasi Android satu ini, merupakan salah satu konsumen terbesar yang memakan kuota data. Bahkan, tidak hanya data, Facebook juga akan menguras baterai kamu dengan cepat. Jadi, apa yang harus kamu lakukan?

Begini guys, kamu tetap bisa mengoperasikan Facebook menggunakan alternatif lain, seperti membukanya pada browser Chrome ataupun Opera. Memang sih, banyak aplikasi alternatif untuk membuka FB, tetapi seperti Facebook Lite saja yang diklaim dapat mengurangi konsumsi data hingga 50%, ternyata masih saja tuh memakan ratusan MB per bulannya. Lebih baik dengan browser bukan?

4. Gunakan fitur Chrome “Data Saver” untuk browsing.

Jika kamu pengguna Chrome browser, maka kamu bisa memotong penggunaan kuota data dengan mengaktifkan fitur Data Saver. Untuk mengaktifkan fitur ini kamu bisa pergi ke menu Settings > Data Saver > ON. Fitur ini akan mengompres data kamu hingga 50% untuk mengurangi pemakaian data di HP Android kamu.

5. Non-aktifkan opsi sinkronisasi yang tidak diinginkan.

Salah satu cara menghemat kuota data adalah menon-aktifkan akun yang memiliki opsi sinkronisasi dan tidak kamu pakai secara berkala. Untuk memulainya, kamu bisa masuk ke menu Settings > Accounts > pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan. Hal ini akan menghemat kuota data kamu karena aplikasi tersebut tidak akan secara otomatis tersambung ke internet.

6. Batasi penggunaan mobile data dan aktifkan peringatannya.

Kamu pasti tau dong fitur data usage warning dan limit system yang built-in di tiap HP Android? Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk memberikan kamu peringatan saat pemakaian data kamu sudah melampaui batas. Untuk menggunakannya kamu bisa masuk ke Settings > Data usage > Celular data > Set cellular data limit. Tap untuk mengaktifkannya.

7. Batasi penggunaan data di background (Restrict Background Data).

Jika kamu benar-benar merasa boros kuota data, salah satu cara menghematnya adalah memberhentikan penggunaan data di background. Untuk membatasinya kamu bisa masuk ke menu Settings > Data Usage > Tap tiga garis vertikal di kanan atas > Restrict background data > OK. Hal ini akan memotong aplikasi yang menggunakan data saat mereka berjalan di background, namun kendalanya adalah notifikasi kamu akan terlambat datang.

8. Indentifikasikan aplikasi yang menyedot kuota data.Banyak aplikasi yang dibuat memang untuk memudahkan kita koneksi ke internet namun hal itu tentu saja membuatnya memakan banyak data. Untuk mengetahui aplikasi yang banyak menyedot data, kamu bisa kunjungi menu Settings > Data Usage, scroll ke bawah dan temukan daftar aplikasi yang memakan banyak data kamu. Solusinya kamu bisa uninstall aplikasi tersebut kemudian menggantinya dengan aplikasi baru yang lebih hemat kuota data.

9. Restrict background data

Oik Yusuf/ KOMPAS.comOpsi Restrict Background Data akan membatasi kegiatan aplikasi di latar belakang yang mengkonsumsi data. Ponsel Android memiliki fitur untuk membatasi pemakaian background oleh aplikasi, yakni Restrict Background Data yang terletak dalam menu Settings > Data Usage.

Saat Restrict Background Data diaktifkan, kebanyakan aplikasi hanya akan memakai koneksi data ketika pengguna sedang memakai ponsel (perangkat tidak sedang di-lock) dan terhubung ke Wi-Fi. Dalam menu yang sama, pengguna juga bisa melihat grafik berisi pemakaian data seluler dalam periode waktu tertentu yang bisa diubah rentangnya, Ada juga informasi konsumsi data oleh masing-masing aplilkasi yang terpasang di ponsel.

Memiliki kuota besar memang mengasyikan, namun tak ada salahnya jika kamu berhemat saat menggunakannya agar tak kehabisan paket data di saat-saat genting. Itulah tadi 9 Tips Hemat Kuota Data Internet di Android semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.


1 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

 
Top