Kata siapa anak sekolah ga bisa nabung?. Bisa kali gengs, mau itu anak SMP atau bahkan anak SMA. Apa seh yang ga bisa, gue juga dulu bisa kok. Kalau pengen bisa menabung dengan uang yang pas-pasan bisa kok, mau itu menabung di celengan atau bahkan di Bank. Tapi, sebelum bisa menabung, ada beberapa hal yang meski kita tahu, ya dengan mengetahui uang jajan yang dikasih itu bulanan atau mingguan, berapa biaya ongkos ke sekolah dan jajan perharinya daann lain-lain.

Pentingkah beberapa hal itu diketahui?. Tentu saja penting, karena salah satu cara menabung anak sekolah bisa dari uang jajan itu sendiri. Nah gengs disini gue udah punya 11 Tips Jitu Menghemat Uang Saku buat Pelajar untuk kamu yang pingin tahu silahkan baca disini.
1. Jangan lupa sarapan

Salah satu pengeluaran terbesar dari uang saku adalah untuk keperluan makan atau mengganjal perut. Sangat tidak nyaman jika kamu harus beraktifitas atau belajar di sekolah dengan keadaan perut yang lapar, karena kamu akan sangat sulit untuk fokus dan menjadikanmu malas untuk melakukan aktifitas.

Oleh sebab itu, biasakan untuk sarapan dengan makanan sehat dan seimbang. Artinya, jika kamu nggak sarapan dengan makanan yang bergizi seimbang, maka kemungkinan besar kamu akan menjadi loyo saat beraktifitas pada siang hari.

2. Jangan malu membawa bekal

11 Tips Jitu Menghemat Uang Saku buat Pelajar


Gak ada makanan terbaik saat di sekolah selain makanan yang dibuat sendiri dan menjadikannya sebagai bekal. Bekal makanan terbukti sangat ampuh membantu kamu untuk mengurangi pengeluaran uang saku, karena kamu nggak butuh beli makanan dari luar pada saat waktu makan siang tiba.

Kalo menurut kamu ribet untuk membawa bekal dalam bentuk makanan besar (seperti nasi, sayuran, dan sebagainya) maka kamu dapat membawa bekal dalam bentuk makanan ringan tapi bergizi seperti roti sandwich plus air minum. Mudah kan?

3. Hidup itu murah gengs, yang mahal itu adalah gaya hidup

Oke, to the point saja, kamu harus sadar bahwa sebenarnya pengeluaran untuk aktifitas sehari-hari pada saat bersekolah itu sebenarnya gak banyak. Pengeluaran uang saku terbesar adalah pada gaya hidup.

Kamu nggak perlu kok beli keperluan mahal jika kamu bisa menemukan benda lain yang memiliki fungsi sama namun harganya jauh lebih murah, misalnya pada saat kamu ingin beli alat tulis, beli lah alat tulis yang sederhana namun fungsional, ketimbang beli alat tulis yang fancy, bentuknya lucu, dan sebagainya tapi memiliki harga yang lebih mahal. Kan sayang uangnya mending di tabung iya gak gengs?

4. Gunakan semua fasilitas gratisan

Yah, jangan segan untuk menggunakan semua fasilitas gratisan. Ada banyak fasilitas gratis untuk pelajar yang biasanya tersedia di sekolah, misalnya wifi gratis, drinking fountain gratis, dan baca buku gratis di perpustakaan sebagai referensi tugas atau PR, dan sebagainya.

Daripada harus membeli kuota internet atau membayar sewa warnet, kan lebih enak kalo pake wifi gratisan, hehehe.

5. Usahakan untuk langsung pulang ke rumah

Setiap kali sepulang sekolah sebaiknya kita langsung pulang nih gengs gak perlu keluyuran. Dan usahakan untuk kaga nongkrong di warung, mall ato tempat jajan. soalnya tanpa sadar, kita pasti mengeluarkan uang untuk membeli minuman botol, cemilan atau benda-benda yang tidak diperlukan.

6. Nggak usah membalas sms yang kurang penting

Nggak usah balas sms yang kurang penting, kalau sms itu penting baru kita balas gak perlu juga memforward sms lucu atau hanya iseng-iseng saja. Kan sayang pulsanya.

7. Biasakan untuk nggak naik kendaraan pribadi, dan memakai kendaraan umum.

Kalau naik kendaraan pribadi itu cenderung boros ya gengs, lebih baik naik kendaraan umum selain lebih aman juga bisa menghemat pengeluaran. Ya gak?

8. Simpan uangmu!

Daripada beli komik atau novel, ato DVD mending ke tempat peminjaman buku, atau taman bacaan. Kalau saya sih nyaranin buat beli komik yang paketan, misal, 5 komik harganya 30rb. Lebih hemat dibanding beli satu-satu yang harganya 15rb. Atau beli yang obral, 10rb dapet 3. hehee~ kalo DVD, ke rental DVD aja. itu kan lebih murah. Secara kalau kita dapat lebih murah kan sisa uangnya bisa ditabung.

9. Atur semua pengeluaran 

Bikin daftar barang-barang yang pengen di beli nih gengs. Catet harganya. Kalo harga barang yang di incer mahal, lebih baik nabung dulu. Utamakan Barang-barang yang sangat butuhkan. Yang sekiranya cuma buat hiburan aja ato buat dipajang aja, mending jangan dipikirin dulu. Itu urusan nanti.

10. Pisahkan uang jajan

Jika memang kamu gak bisa memisahkan urusan jajan setiap harinya, kamu bisa menggunakan cara berikut ini nih gengs. Caranya adalah dengan memisahkan uang jajan dengan uang untuk keperluan lain. Mengapa demikian? Sebab dengan memisahkan uang jajan Kamu akan dipaksa untuk tidak menggunakan uang lain untuk keperluan jajan gimana? oke kan.

Buatlah porsi uang jajan ini dengan seefisien mungkin. Jangan terlalu membuat porsi atau persentase uang jajan yang berlebihan hingga kemudian mengorbankan kebutuhan penting lainnya.

11. Buat daftar pantangan

Tentunya tidak semua makanan bisa kita konsumsi dong gengs. Umumnya banyak orang yang biasanya memiliki pantangan terhadap sebuah makanan atau jajanan misalnya aja gorengan. Maka apabila kamu juga memiliki pantangan menu makanan, kamu bisa melakukan penghematan uang jajan ini dengan efektif.

Bagaimana caranya? Ya dengan membuat daftar pantangan pada sebuah kertas. Setelah itu pasang dengan besar-besar daftar pantangan ini di tempat-tempat yang memungkinkan kamu sering-sering melihatnya. Contohnya di tembok kamar kamu tempel tuh tulisan besar-besar. atau di pintu kamar kamu juga bisa hehe..

Dan itulah gengs 11 Tips Jitu Menghemat Uang Saku buat Pelajar. Maka dari itu jika kamu adalah orang yang ingin merencanakan penghematan uang jajan tak ada salahnya untuk mencoba cara-cara di atas. Lakukan dengan keseriusan dan penuh totalitas agar kamu bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari cara-cara jitu penghematan uang jajan di atas. Semoga berhasil.






3 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. wah makasih kak ilmunya akan saya coba terapkan di kehidupan sehari-hari :)

    ReplyDelete

 
Top