Sistem operasi android kini semakin populer saja, pemilik hp Android pun makin bertambah, termasuk Anda mungkin. Sistem operasi besutan Google ini hadir dalam berbagai jenis dan merk perangkat portabel seperti Samsung, HTC, Sony, dan banyak lagi. Salah satu kelebihan hp android adalah kita dapat mendownload banyak aplikasi yang dapat berguna bagi kegiatan kita sehari-hari, menariknya berbagai aplikasi tersebut terhubung langsung dengan internet setiap saat, sehingga kita dapat menerima email atau memaca berita yang selalu update setiap waktu.

Namun, kelebihan hp android yang selalu terhubung ke jaringan internet tersebut yang seringkali menjadi alasan kita kehabisan daya baterai pada hp android. Seringkali kita melihat baterai hp android kita terkuras padahal kita tidak terlalu aktif memakainya. Nah, disini saya mempunyai 11 Tips Jitu Menghemat Baterai Smartphone untuk lebih jelasnya silahkan baca disini.
1. Pakai Wallpaper Hitam

11 Tips Jitu Menghemat Baterai Smartphone


Jika android kamu memiliki layar AMOLED (seperti kebanyakan perangkat Samsung), gunakanlah wallpaper berwarna gelap. Cara menghemat baterai android dengan memakai wallpaper hitam dampaknya akan sangat baik apalagi jika di gunakan oleh android yang memiliki tehnologi layar AMOLED.

2. Atur Tingkat Kecerahan Layar

Cara menghemat baterai android dengan mengatur tingkat kecerahan layar serendah mungkin sangat efekif untuk mengurangi daya baterai yang dipakai untuk menerangi layar. Kamu pasti tahu kan, untuk menghidupkan cahaya yang terang di butuhkan daya baterai yang tinggi.

3. Atur Waktu Tidur Android

Cara menghemat baterai android yang ke tiga adalah dengan mengatur waktu tidur android. Waktu tidur yang saya maksud adalah waktu ketika layar mati secara otomatis saat android tidak digunakan. Idealnya jika layar semakin lama menyala, semakin banyak pula daya baterai yang terkuras.

4. Charge Baterai Kamu Secara Efisien

Ada dua tipe baterai yang dipakai di ponsel, baterai lithium dan baterai nickel. Baterai yang terbuat dari nickel lebih tahan lama daripada lithium. Jika kamu menggunakan baterai nickel, ponsel kamu harus di-charge hingga kapasitas maksimum (100%) saat daya baterai kamu tinggal sedikit. Namun jika ponsel kamu memakai baterai lithium, kamu harus charge sesering mungkin untuk mempertahankan kapasitas aslinya.

5. Matikan WiFi, Paket Data, dan Bluetooth Saat Tidak Digunakan

Jika kamu tidak sedang menggunakan smartphone-mu, ada baiknya untuk mematikan segala konektivitas karena hal itu akan membuang daya baterai kamu secara percuma. Hidupkan salah satu saja jika memang diperlukan.

6. Tutup Aplikasi Jika Sudah Tidak Digunakan

Banyak pengguna smartphone yang tidak menutup aplikasi yang baru saja digunakan secara benar hingga aplikasi masih banyak yang dalam keadaan terbuka walaupun tidak sedang digunakan. Hal ini tentu saja membuang daya bateraimu dengan cuma-cuma. Jika kamu menggunakan Android, kamu hanya harus tap tombol multitasking dan kamu bisa swipe aplikasi yang tidak kamu gunakan untuk menutupnya.

7. Matikan GPS (Location Services)

GPS atau layanan lokasi adalah yang terbesar penggunaan baterainya di smartphone selain layar kamu. Kamu bisa mematikan GPS di menu Setting smartphone kamu. Dengan begitu kamu akan menghemat pemakaian baterai. Nyalakan GPS saat kamu perlukan saja, misalnya saat menggunakan Maps untuk mencari suatu lokasi.

8. Jangan gunakan Android saat di Charger

Ini mungkin sudah menjadi kebiasaan buruk dan selalu di ulangi terus, memang ketika kita mengisi daya baterai sambil menggunakan ntah untuk apa akan sangat merusak baterai hp itu sendiri, lantas sebab ketika mengcharger berarti kita memasukan energi ke baterai. Dan ketika kita menggunakan maka baterai mengeluarkan energi untuk menyalakan android. Nah arus yang bolak balik ini sangat tidak baik untuk kesehatan baterai dan hp android.

9. Ketahui Dulu Detail Penggunaan Baterai
Solusi tepat untuk mengatasi baterai android yang cepat habis adalah dengan melihat detail penggunaan fitur yang menjadi konsumsi baterai. Dengan sobat melihat hal tersebut, maka sobat akan mengetahui fitur apa saja yang dapat menghabiskan baterai android anda dalam jumlah banyak.

Sobat kemudian menganalisa dan melihat aplikasi yang memboroskan baterai, kemudian baru anda dapat menonaktifkan fungsi aplikasi yang berjalan. Tujuanya yaitu agar baterai tidak cepat boros, dengan menghentikan aplikasi tersebut tentu akan menghemat baterai dan akan lebih lama lagi baterai dapat bertahan.

10. Matikan fitur getar (vibrate)

Fitur getar terkadang dapat sangat membantu apabila ada panggilan telepon atau pesan yang masuk pada saat pengguna sedang rapat atau di tempat lain yang membutuhkan ponsel dalam keadaan silent.

11. Jangan "streaming"

Ingin mendengarkan musik atau menonton video? Jika ya, sebaiknya simpan kedua jenis data tersebut di media penyimpanan yang ada.

Kurangi kegiatan streaming apabila tidak ingin baterai habis dengan cepat. Menonton video atau mendengarkan musik via YouTube memang menyenangkan, tetapi kegiatan ini akan "memaksa" sistem ponsel terus bekerja dan akhirnya membuat baterai cepat habis.

Itulah tadi 11 Tips Jitu Menghemat Baterai Smartphone semoga bermanfaat bagi anda dan dapat diterapkan di smartphone anda ya.. semoga menambah wawasan anda.


2 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. waah tipsnya harus dijalankan ini bisa hemat batere...
    solder uap

    ReplyDelete

 
Top