Datang tepat waktu (on time) merupakan salah satu kebiasaan calon siswa sukses. Sayangnya, kebiasaan baik ini sulit dimiliki oleh sejumlah siswa. Mengapa seperti itu? Jawaban yang realistis adalah karena datang terlambat sudah menjadi kebiasaan sehingga butuh waktu untuk mengubahnya.

Jika kamu selama ini memiliki kebiasaan datang terlambat datang ke sekolah, 8 Tips Agar Tidak Terlambat datang ke Sekolah ini bisa membantu kamu.

1. Niat dan Kemauan Meninggalkan Kebiasaan Buruk.


Semua adalah berawal dari niat dari diri sendiri, jadi tidak akan terjadi perubahan tanpa ada niat dari dalam hati anak sendiri. Mulai sekarang mulai dibiasakan atau diterapkan untuk mendorong untuk mengubah kebiasaaan buruk anak. Kebiasaan tersebut diantaranya nonton televisi hingga larut malam, main kerumah teman hingga larut malam, bermain dengan Komputer atau Ipad (game) hingga larut malam dan lain sebagainya.

2. Siapkan Jadwal, Buku Sekolah dan Perlengkapannya di Malam Hari

Dengan jadwal yang sangat sederhana ini, dapat membantu anak supaya tidak terlambat ke sekolah. Usahakan menata jadwal maupun perlengkapan sekolah di pagi - pagi hari sekali atau kalau bisa di malam hari sebelum anak tidur istirahat malam. Banyak yang sering melupakan kegiatan sederhana ini tapi jarang dilakukan, sehingga kegiatan menata jadwal pelajaran ini harus dibiasakan mulai saat ini. Bisa karena biasa, biasa karena pembiasaan. Sehingga dalam menepati jadwal itupun kita harus berusaha sekuat mungkin untuk memulainya.

3. Mengatur waktu belajar yang baik. 

Terkadang, ketika Si Kecil dalam masa ujian, orangtua akan menambah jam belajar yang lebih lama. Untuk mengatasinya agar dapat belajar lebih lama tanpa harus mengurangi waktu istirahat malam adalah dengan memulai waktu belajar lebih awal. Dengan begitu Si Kecil akan mampu belajar lebih lama tanpa mengurangi waktu istirahat.

4. Tidur di Awal Malam

8 Tips Agar Tidak Terlambat datang ke Sekolah


Tidurlah setelah sholat isya yaitu paling lama pukul delapan malam. Dengan begitu kamu akan mendapatkan waktu tidur malam yang cukup panjang. Semakin lama kamu menunda-nunda waktu tidur maka semakin sulit pula kamu bisa bangun lebih awal di pagi hari.

5. Siapkan alarm

Sebagai alternatif gunakanlah alarm untuk membangunkan Si Kecil. Benda atau barang tersebut mampu membuat anak terkejut. Hal tersebut akan membuat ia terpaksa untuk bangun. Mungkin untuk permulaan memang terasa berat. namun jika sudah sering dipaksa seperti itu maka hal ini akan jadi sebuah kebiasaan. Atau bahkan jam alarm belum berbunyi pun anak sudah bangun dengan sendirinya.

6. Bangun Sebelum Shubuh

Biasakan untuk bangun sebelum masuk waktu shubuh. Kamu bisa mengerjakan sholat malam terlebih dahulu jika waktu subuh belum tiba. Mendekati waktu subuh bergegaslah berangkat ke masjid untuk menunaikan ibadah sholat subuh berjamaah di awal waktu. Jangan lupa untuk mengerjakan solat fajar yang pahalanya sangat besar.

7. Berangkat Jauh Sebelum Jam Masuk

Pergi ke sekolahan, kampus, dan tempat bekerja lebih awal akan menghindarkan kita dari kemacetan. Dengan tidak terkena macet maka kita akan bisa sampai ke tempat tujuan lebih cepat sehingga waktu yang luang bisa kita gunakan untuk istirahat maksimal, ngobrol, makan minum, membaca koran, main internet, main game, nonton televisi, dan lain sebagainya.

8. Tidak Mampir Selama Perjalanan


Usahakan fokus dalam hal berangkat ke tempat tujuan dengan tidak berhenti-berhenti atau mampir sehingga dapat menguras waktu kita tiba di tempat tujuan. Beberapa kegiatan mampir yang biasa dilakukan orang-orang yaitu seperti mampir makan di jalan, mampir ke tempat perbelanjaan atau pasar, mampir ke tempat saudara, dan lain sebagainya.

Itulah tadi 8 Tips Agar Tidak Terlambat datang ke Sekolah yah, memang kebiasaan itu sulit untuk di hilangkan begitu saja tapi kamu bakal bisa mengubahnya kok asal punya kemauan yang kuat dan konsisten sama apa yang lagi kamu jalanin. Oke kawan semoga artikel ini membantu kamu.


0 comments:

Post a Comment

 
Top