Jeruk nipis biasanya hanya digunakan untuk bumbu dapur, menyegarkan masakan atau menghilangkan rasa amis pada daging. Jeruk nipis juga bisa digunakan untuk mengobati anda saat batuk. Selain kegunaan itu, buah yang kecil ukurannya ini juga bermanfaat untuk kecantikan. Jeruk nipis ini ternyata baik sekali untuk kesehatan wajah anda. Apa sajakah kegunaan jeruk nipis? Berikut Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan


1. Pencernaan

Jeruk nipis memiliki aroma yang membuat mulut menghasilkan air lir dan ini benar-benar membantu pencernaan utama. Keasaman alami akan memecah molekul makro makanan. Kemudian flavonoid senyawa yang ditemukan dalam minyak wangi yang diekstrak dari jeruk nipis, merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan sekresi cairan pencernaan, empedu dan asam. Flavonoid juga merangsang gerak peristaltik.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan


2. Diabetes

Menurut American Diabetes Association, jeruk nipis dan buah jeruk lainnya dianggap sebagai makanan super untuk diabetes. Terutama, serat larut yang tinggi ditemukan dalam jeruk nipis membuat bantuan makanan yang ideal untuk membantu mengatur penyerapan tubuh dari gula ke dalam aliran darah, mengurangi terjadinya lonjakan gula darah yang merupakan risiko serius untuk pasien diabetes.

3. Penyakit Jantung

Serat larut yang sama dapat membantu penderita diabetes, juga menjaga kadar gula darah. Membuat tekanan darah juga lebih rendah dan menghilangkan keberadaan kolesterol LDL (kolesterol “buruk”). Selanjutnya, serat larut dapat mengurangi peradangan pada pembuluh darah, yang merupakan tindakan pencegahan yang dikenal terhadap penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

4. Gangguan Pernapasan

Minyak flavonoid yang diekstrak dari jeruk nipis secara luas digunakan dalam obat-obatan anti-kongestif seperti balm, alat penguap, dan inhaler karena adanya kaempferol. Hanya dengan menghirup aromanya, dapat membantu mengatasi rasa sesak dan mual.

5. Radang Sendi

Salah satu dari banyak penyebab radang sendi adalah kelebihan asam urat yang menumpuk di tubuh. Asam urat adalah salah satu produk limbah yang buang air kecil yang normal akan membersihkan tubuh. Tapi sayangnya, bila terlalu banyak itu bisa membuat rasa sakit dan peradangan dari arthritis bahkan lebih buruk. Asam sitrat ditemukan dalam buah jeruk seperti jeruk nipis adalah pelarut dimana asam urat dapat larut, meningkatkan jumlah yang dieliminasi dalam urin. Buah jeruk pada umumnya memiliki sifat anti inflamasi, dan dapat digunakan untuk sejumlah isu peradangan.

6. Demam

Jika seseorang menderita demam, air jeruk nipis dapat menjadi obat alternatif. Buah jeruk pada umumnya mampu mengurangi dan demam sangat tinggi, pasien harus mengkonsumsi jus lemon dan air. Namun, jika demam ringan sampai sedang, jus buah lainnya, terutama jus jeruk seperti jeruk nipis, dapat diberikan untuk mengatasi demam kembali menurun. Vitamin C, ditemukan dalam konsentrasi tinggi dalam buah jeruk, secara alami menurunkan suhu tubuh.

7. Asam Urat

Ada 2 penyebab utama asam urat. Sumber pertama adalah akumulasi radikal bebas dalam tubuh dan yang kedua adalah akumulasi racun dalam tubuh, asam urat terutama. Jeruk nipis dapat membantu mencegah kedua penyebab ini. Ini adalah sumber antioksidan dan pendetoks (vitamin-C & Flavonoid) yang mengurangi jumlah radikal bebas serta detoksifikasi tubuh.

8. Gangguan kemih

Kandungan kalium yang tinggi dari jeruk nipis sangat efektif dalam menghilangkan zat beracun dan endapan yang bisa disimpan di ginjal dan kandung kemih. Sifat disinfektan jeruk nipis juga membantu menyembuhkan infeksi pada sistem kemih. Selain itu, dapat membersihkan penyumbatan air seni yang dapat berasal dari endapan kalsium dalam saluran kemih.

9. Anti Kanker

Jeruk nipis merupakan buah yang kaya akan kandungan zat anti kanker yaitu flavonoid yang berperan membunuh dan mencegah kerusakan sel. Jadi tidak ada salahnya jika anda mencoba mengkonsumsi jeruk nipis secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

10. Meningkatkan kemampuan imun saat cuaca ekstrim

Musim dingin adalah waktu yang paling rentan membuat tubuh terserang penyakit seperti dingin dan batuk. Vitamin C di dalam jeruk nipis bisa menjadi solusi tepat untuk membantu Anda terjaga dari serangan penyakit musiman, kandungan antioksidan berupa flavonoid akan membantu menumpas virus agar tubuh kembali fit di cuaca ekstrim.

11. Menyeimbangkan pH Balance tubuh

pH adalah ukuran keseimbangan asam dan basa di dala tubuh, kondisi basa (alkali) menunjukkan tubuh dalam kondisi sehat atau positif sedangkan asam atau acid menunjukkan tubuh dalam kondisi kurang sehat atau negatif.

12. Memperbaiki kesalahan saluran cerna

Penyakit ringan yang berhubungan dengan sistem pencernaan seperti sembelit dan diare dapat diatasi dengan cara mengonsumsi air perasan jeruk nipis hangat. Kebiasaan ini akan membuat usus bergerak dengan baik untuk melancarkan buang air besar dan menjaganya tetap stabil.

13. Melarutkan asam urat

Jeruk nipis mampu melarutkan asam urat secara alami sehingga sering disebut sebagai obat asam urat herbal. Kehadiran asam sitrat-lah yang berkontribusi di sini. Jika Anda bermasalah dengan asam urat, setiap pagi dan sore hari minumlah segelas air perasan jeruk nipis untuk memperoleh manfaat dari jeruk nipis bagi kesehatan.

14. Mengobati masalah lambung seperti maag

Di Amerika, banyak dokter yang menganjurkan penderita maag untuk melakukan pengobatan herbal ringan dengan konsumsi jeruk lemon sebagai obat komplementer maag yang banyak membuktikan hasil baik dari segerombol penderita.

15. Meningkatkan daya penglihatan

Kandungan antioksidan berupa vitamin C di dalam jeruk nipis mempunyai khasiat sebagai pelindung mata dari kerusakan, degenerasi, dan penuaan. Sedangkan flavonoid-nya memberi perlindungan terhadap mata dari iritasi dan infeksi. Fungsi lain dari jeruk nipis adalah obat sakit kepala akibat ketegangan mata, caranya dengan meminum air perasan jeruk.

16. Mencegah kanker
Jeruk nipis merupakan agen anti kanker yang dapat menurunkan risiko sebagian jenis kanker seperti leukimia, lambung, dan usus besar. Kemampuan dalam menumpas sel kanker tersebut ada karena kandungan liminoid dalam jeruk nipis yang juga berperan ketika menangkal radikal bebas dari dalam tubuh seperti aktivitas teh hijau.

17. Membunuh cacing dalam usus

Usus yang dijadikan hunian oleh cacing akan bermasalah. Anda bisa membunuh sekaligus mengeluarkan cacing dengan cara membiarkannya berkelahi dengan campuran air jeruk nipis dan air kelapa muda. Dalam sehari Anda bisa mengonsumsi 3 kali pada jeda waktu yang sama dari pagi hingga malam.

18. Membunuh bakteri

Manfaat jeruk nipis selain membunuh cacing adalah membasmi bakteri yang memengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Jenis penyakit yang bakteri penyebabnya mampu diatasi oleh jeruk nipis adalah malaria, kolera, tipes, dan difteri.

19. Menguatkan pembuluh darah

Sebagai buah yang kaya akan vitamin C membuat jeruk nipis memiliki daya desinfektan dan anti-toksin yang kuat terhadap racun mikroba. Vitamin C juga membantu memperkuat pembuluh darah agar tidak mudah rapuh atau patah sehingga menyebabkan pendarahan kecil.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan



  1. Dapat memutihkan kulit wajah
  2. Dapat membersihkan kulit wajah yang kusam
  3. Dapat menghaluskan kulit wajah yang kasar
  4. Dapat mengangkat sel kulit mati
  5. Dapat mengatasi kulit berminyak
  6. Dapat menghilangkan jerawat
  7. Dapat menghilangkan komedo
  8. Dapat menyamarkan noda dan bintik hitam
  9. Dapat menghilangkan tanda-tanda penuaan
  10. Dapat mengencangkan kulit wajah
  11. Dapat mengangkat sisa-sisa kosmetik yang menempel
  12. Dapat menetralisir racun-racun di dalam kulit wajah akibat dari penggunaan kosmetik dan masih banyak lagi manfaat-manfaat lainnya.
Itulah tadi sedikit informasi yang bisa saya berikan tentang Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.




0 comments:

Post a Comment

 
Top