Ketombe jarang sekali berakibat pada kondisi yang lebih serius pada kesehatan Anda, tapi rambut berketombe bisa sangat mengganggu. Sebagian orang tidak tahu apa penyebab terjadinya ketombe, dan mereka lebih memilih membiarkan ketombe itu terus tumbuh di kulit kepala. Nah, disini saya telah menulis artikel tentang Penyebab Ketombe dan 8 Cara Alami Mengatasinya untuk lebih jelasnya silahkan baca disini.

Berikut ini beberapa faktor yang bisa menyebabkan munculnya ketombe pada rambut.

Penyebab ketombe

1. Kulit kering

Kulit yang kering adalah penyebab yang paling umum terhadap munculnya ketombe. Ketombe akibat kulit kering umumnya lebih kecil dan lebih kering dibandingkan ketombe yang diakibatkan kondisi lain.

2. Iritasi dan dermatitis seboroik atau kulit berminyak

Penyebab Ketombe dan 8 Cara Alami Mengatasinya


Kondisi ini juga sering menyebabkan munculnya ketombe. Gejala yang muncul biasanya kulit berminyak berwarna merah dengan serpihan kulit putih atau sisik berwarna kekuningan.

3. Kurang keramas

Jika Anda kurang mencuci rambut, minyak dan juga sel kulit kepala Anda bisa menumpuk dan menyebabkan ketombe.

4. Eksema atau eksim

Ini adalah peradangan kronis yang terjadi pada kulit. Eksim dapat membuat kulit kepala terasa gatal dan juga memunculkan serpihan. Di negara Inggris, kondisi ini lebih sering terjadi pada anak-anak, dan data dari WHO menyatakan bahwa penyakit kulit ini juga banyak terjadi pada anak-anak di negara-negara berkembang. Tapi semua orang juga bisa mengalaminya.

5. Psoriasis

Ini adalah kondisi di mana sel kulit mati yang kering dan kasar menumpuk sehingga menyebabkan kulit bersisik. Psoriasis terjadi ketika sistem kekebalan tubuh memicu banyak sel kulit untuk tumbuh di berbagai bagian tubuh, termasuk kulit kepala. Orang yang menderita psoriasis cenderung mengalami rambut berketombe.

6. Sensitif terhadap beberapa produk perawatan rambut

Hal ini dapat menyebabkan kulit kepala menjadi merah, gatal, serta bersisik.
Infeksi jamur malassezia. Malassezia biasanya hidup di kulit kepala tanpa menyebabkan penyakit. Tapi jika berkembang secara berlebihan, jamur ini akan menyebabkan iritasi pada kulit kepala.

Cara Menghilankan Ketombe

1. Baking soda

Anda dapat menggunakan baking soda untuk melakukan scrubbing pada kulit kepala Anda. Hal ini dimaksudkan untuk mengupas dan mengangkat sel-sel kulit kepala yang telah mati agar tidak menumpuk dan membentuk ketombe.

Selain itu, baking soda juga dapat menghambat pertumbuhan jamur pada kulit kepala dan mencegah kulit kepala mengalami gatal-gatal.
Cara mengatasi ketombe dengan baking soda:
  • Basahi rambut. 
  • Ambil 1 sendok makan baking soda dan letakkan pada tangan. 
  • Gosok-gosokkan baking soda secara lembut pada kulit kepala. 
  • Bilas dengan air bersih hingga tidak ada baking soda yang menempel. 
Baking soda akan membuat rambut terasa lebih kering pada awalnya, tetapi setelah beberapa minggu kulit kepala Anda akan kembali memproduksi minyak yang akan membuat rambut Anda menjadi lembut kembali dan bebas dari ketombe.

2. Cuka apel

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa cuka apel dapat membantu menghilangkan ketombe pada rambut. Larutan ini memiliki sifat asam yang dapat mengubah pH kulit kepala agar tidak dapat ditinggali oleh jamur penyebab ketombe. Cuka apel juga dapat membantu meredakan rasa gatal pada kepala dan mencegah kulit kepala menjadi kering.
Cara mengatasi ketombe dengan cuka apel:
  • Siapkan botol semprotan yang telah kosong. 
  • Masukkan ¼ gelas atau + 50ml cuka apel ke dalam botol semprotan dan campurkan dengan ¼ gelas (+ 50ml) air bersih. 
  • Semprotkan campuran larutan cuka apel merata ke seluruh kulit kepala. 
  • Bungkus rambut Anda dengan handuk dan biarkan selama 30-60 menit. 
  • Setelah selesai bilas rambut Anda hingga bersih.
Lakukan cara ini 2x seminggu sampai rambut Anda bebas dari ketombe.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa dapat membantu menghilangkan ketombe dari rambut Anda karena kemampuannya dalam menghambat pertumbuhan jamur di kulit kepala. Selain itu minyak kelapa juga kaya akan vitamin E yang dapat menutrisi dan menjaga kesehatan kulit kepala serta rambut Anda.
Cara mengatasi rambut rontok dengan minyak kelapa:
  • Ambil 1 sendok makan minyak kelapa dan oleskan ke kulit kepala Anda saat kondisi rambut Anda masih dalam keadaan kering. 
  • Ratakan ke seluruh permukaan kulit kepala sambil lakukan pemijatan ringan pada kulit kepala. 
  • Diamkan selama 30-60 menit. 
  • Setelah selesai, keramaslah seperti biasa dengan menggunakan sampo hingga bersih. 
4. Lidah buaya

Lidah buaya sudah sejak jaman dahulu dipercaya cukup efektif untuk merawat rambut secara alami. Dalam lidah buaya ini terkandung beragam mineral alami yang cukup efektif untuk memberi nutrisi rambut kamu. Mulai dari mineral kalium, kalsium, magnesium, fosfor, dan masih banyak lagi.

Selain bermanfaat untuk menghilangkan ketombe, ternyata lidah buaya juga cukup efektif untuk melembabkan rambut secara alami. Oleh sebab itu, jangan ragu lagi menggunakan bahan alami satu ini.

Cara alami menghilangkan ketombe dengan lidah buaya:
  • Ambilah lidah buaya yang masih segar, kemudian patahkan
  • Kupas kulit lidah buaya tadi hingga ada gelnya saja
  • Oleskan gel lidah buaya tersebut secara merata keseluruh kulit kepala
  • Jangan lupa beri pijatan-pijatan lembut supaya meresap, lalu diamkan selama 30 menit agar bekerja lebih maksimal
  • Bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.
Catatan: gunakan lidah buaya secara rutin agar rambut kamu lebih hitam, lembab, berkilau, dan sehat secara alami.

5. Lemon

Lemon merupakan buah yang memiliki tingkat keasaman cukup tinggi. Zat asam tinggi tersebut bisa kita manfaatkan untuk mengatasi ketombe di kulit kepala. Bahkan lemon cukup efektif untuk membantu menghilangkan kutu rambut.
Cara menghilangkan ketombe dengan lemon:
  • Siapkan 1 buah lemon yang masih cukup segar
  • Belah lemon tadi menjadi 2 bagian, kemudian peras dalam sebuah wadah
  • Oleskan perasan lemon secara merata keseluruh bagian kulit kepala
  • Pijat lembut selama 5 menitan, lalu diamkan selama 30 menit
  • Bilas air lemon tadi dengan menggunakan air dingin sampai bersih. Agar lebih bersih kamu dapat keramas.
6. Daun Neem

Cara selanjutnya untuk menghilangkan ketombe membandel yakni dengan menggunakan daun Neem. Daun Neem adalah salah satu jenis daun untuk bumbu khas India. Sama seperti penggunaan Baking Soda dan cuka, gunakan ampas daun Neem ini untuk keramas, bilas bersih. Anda perlu melakukannya secara rutin jika ingin hasil yang maksimal. Cara menghilangkan ketombe dengan mudah selanjutnya yakni memanfaatkan cahaya matahari. Bagaimana bisa? Tentu saja bisa, cahaya matahari dapat mengurangi kelembaban rambut dan kulit kepala Anda. Penyebab utama ketombe ialah karena lembabnya kulit kepala. Dengan begitu, sinar matahari mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit kepala. Berjemurlah di bawah sinar matahari pagi sekitar pukul 9, dalam kurun waktu 15 hingga 20 menit. Mudah bukan?

7. Tea Tree Oil

Selanjutnya, cara mengatasi ketombe berikutnya yakni dengan tea tree oil (tumbuhan khas Australia), gunakan minyaknya untuk keramas. Lakukan secara rutin selama beberapa kali dalam satu minggu.
Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Cara menghilangkan ketombe selanjutnya yakni dengan konsumsi makanan yang bergizi. Apa hubungannya? Tentu ada, makanan dengan nutrisi tinggi akan membuat tubuh Anda sehat. Bagian rambut juga dapat ternutrisi lebih baik dengan asupan makanan bergizi. Anda juga harus memperhatikan makanan yang Anda makan, jika makanan tersebut mengandung banyak lemak, maka hindarilah. Perbanyaklah konsumsi sayuran, minyak ikan, dan makanan dengan kandungan protein tinggi.

8. Garam
Berikutnya, pakailah garam. Kenapa garam? Garam berfungsi sebagai exfoliator alami atau pembersih alami. Ia dapat menyingkirkan kulit mati penyebab ketombe.

Jika cara-cara diatas gagal membersihkan ketombe setelah beberapa minggu, segera temui dokter. Anda mungkin membutuhkan sampo antiketombe yang lebih kuat. Dokter akan memeriksa kulit kepala untuk mencari tahu apakah ada masalah kulit seperti infeksi jamur, dermatitis seboroik, atau psoriasis.

Itulah tadi Penyebab Ketombe dan 8 Cara Alami Mengatasinya semoga bermanfaat dan berguna untuk Anda..

0 comments:

Post a Comment

 
Top