Rambut rontok atau alopecia dapat dialami oleh pria dan wanita yang umumnya dimulai pada usia 30-40an. Berbagai faktor dapat memicu hal tersebut, seperti perubahan dalam kehidupan, kurang asupan protein akibat diet, perubahan hormonal, trauma emosional, atau kondisi medis tertentu lainnya.

Tidak berlebihan jika rambut disebut sebagai mahkota bagi seseorang, karena dapat menunjang penampilan. Jatuhnya helai-helai rambut secara berlebihan tentu akan sangat mengganggu. Berikut 14 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok untuk lebih jelasnya silahkan baca disini.

1. Minyak Zaitun/Olive Oil

Cara menghilangkan rambut rontok yang pertama adalah menggunakan minyak zaitun. Kita semua tahu, olive oil atau minya zaitun memiliki banyak manfaat mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki bisa dimanfaatkan khasiatnya. Untuk mengobati rambut yang rontok dengan minyak zaitun caranya cukup mudah. Tuangkan minyak zaitun pada 1 sendok makan minimal 30 menit sebelum keramas, oleskan minyak zaitun dari akar sampai ujung rambut sambil memijat selama kurang lebih 2-4 menit secara perlahan. Setelah itu lakukan keramas seperti biasa menggunakan shampoo hingga bersih.

14 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok


2. Masker Buah-buahan

Sebagain besar wanita pasti pernah melakukan perawatan creambath entah itu di salon atau melakukan sendiri dirumah. Masker yang biasa digunakan untuk creambath ini bisa kamu buat sendiri dirumah dengan beberapa jenis buah seperti pisang, alpukat, semangka dan melon. Membuat masker dari beberapa macam buah, cukup ampun untuk mengatasi rambut rontok. Cara membuatnya sangat mudah. Blender sampai halus ke 3 macam buah tersebut lalu tambahakan 1 sendok yoghurt tanpa rasa aduk sampai merata. Setelah itu oleskan keseluruh rambut, tunggu sekitar 10-15 menit lalu bilas hingga bersih.

Tahukah kamu jenis buah diatas menganduk asam sitrat dan antioksidan yang baik untuk rambut kita. Pada buah alpukat dan yoghurt berkhasiat sebagai pelembab untuk rambut. Sedangkan buah pisang, semangka dan melon bisa membuat rambut kamu menjadi lebih berkilau dan sehat.

3. Pijit Kepala Dengan Campuran Teh Hijau & Daun Seledri

Sebelum kita memulai tahapan ini, sebaiknya kamu menyiapakan seperti:

  • Handuk kecil bersih 1 buah.
  • Mentium dan lemon yang direndam dengan air hangat.
  • Teh Hijau dan daun Seledri yang telah diseduh

Jika sudah siap semua, hal pertama yang kamu lakukan untuk mengatasi rambut rontok adalah ambil 1 handuk kecil bersih tadi lalu rendam handuk tersebut kedalam air hangat yang berisikan mentium dan lemon selama 2-5 menit. Selanjutnya peras handuk tersebut dan tutup kepada menggunakan handuk yang sudah diperas tadi selama kurang lebih 10 menit.

Sambil menunggu air menyerap ke kulit kepala, kamu bisa melakukan beberapa kegiatan yang membuat kamu lebih rileks seperti yoga atau mendengarkan musik klasik atau tarik nafas secara pelahan dan berulang. Buat badan dan pikiran kamu merasa tenang. Hal ini bisa mencegah rasa strees pada diri kamu. Setelah 10 menit, teteskan teh hijau dan selendri secara bertahap kepada kulit kepala, kamu bisa memijat kulit kepala kamu agar tetesan tersebut menyerap ke kulit kepala. Terakhir bilas rambut kamu hingga bersih sampai tidak ada minyak yang tersisa pada kulit kepala dan rambut kamu.

4. Buah Mangga, Yoghurt dan Kuning Telur

Cara mengatasi rambut rontok lainnya dengan buah mangga, yoghurt dan kuning telur. Pertama-tama siapkan beberapa potongan buah mangga dan 1 sendok makan yoghurt serta 2 butir kuning telur. Blender sampai halus dan kental setelah itu saring serat-serat kasar yang masih ada. Kamu hanya membutuhkan serat yang halus untuk dioleskan kerambut rontok kamu. Jika sudah terpisah, oleskan masker mangga, yoghurt dan kuning telur ke kepala kamu secara merata. Beri sedikit pijatan di kepala. Diamka selama 10-15 menit, lalu bilas hingga bersih.

5. Putih Telur

Penggunaan putih telur pada rambut juga bisa membantu dalam memelihara tekstur dan kelembutan rambut yang Anda miliki. Anda bisa memisahkan antara putih telur dengan kuning telur. Setelah itu Anda bisa mengaduk-aduk putih telur hingga menjadi bentuk pasta. Lalu gunakan pada rambut Anda secara merata sehingga bisa memperlambat dan juga mengobati kerontokan pada rambut Anda.

6. Bawang Merah

Kandungan belerang yang tinggi pada bawang merah membuat jus bawang merah bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah pada bagian kulit kepala. Selain itu, bawang merah memiliki sifat anti-bakteri yang mampu menumpas kuman dan juga berbagai parasit lainnya selain itu bisa menyembuhkan kulit kepala yang bisa menyebabkan terjadinya kerontokan. Anda bisa menggunakan beberapa bawang merah yang diparut kemudian Anda saring. Setelah jadi, Anda bisa menggunakan jus ini pada kulit kepala kemudian biarkan hingga meresap pada rambut Anda sekitar sepuluh menit. Lalu setelah itu Anda bersihkan kepala dan rambut Anda dengan menggunakan air hangat.

7. Santan

Santan juga bisa membantu dalam mengatasi rambut rontok. Selain itu santan juga bisa dengan mudah Anda buat sendiri dirumah. Caranya dengan menambahkan parutan kelapa dan air kemudian tempatkan pada panci. Setelah itu Anda bisa mendidihkannya selama lima menit lalu saring. Diamkan hingga suhunya menjadi normal, setlah itu santan tersebut bisa digunakan pada kulit kepala Anda lalu diamkan sekitar kurang lebih dua puluh menit. Dan jangan lupa untuk memberishkan rambut Anda dengan air.

8. Jahe

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, jahe juga memiliki manfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut sehingga kerontokan pada rambut kepala bisa diatasi. Anda bisa membuat minyak untuk perawatan rambut dengan menggunakan jahe, caranya dengan memarut jahe dan tambahkan dengan minyak wijen lalu dicampur hingga merata. Setelah itu Anda bisa menggunakan minyak wijen ini pada kulit kepala Anda kemudian diamkan selama kurang lebih sepuuh menit dan setelah itu bersihkan hingga bersih.

9. Protein

Protein merupakan salahsatu nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut Anda. Cara mengatasi rambut rontok secara alami juga bisa dengan mengkonsumsi protein dalam jumlah yang cukup bisa meningkatkan pertumbuhan pada rambut dan dapat menghentikan kerontokan. Maka dari itu, Anda bisa mulai untuk mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung protein tinggi, misalnya ikan atau bisa juga mengkonsumsi protein shake sehingga rambut Anda bisa bertumbuh menjadi lebih sehat dan lebih tebal.

10. Vitamin B12

Selain asupan protein, cara lain untuk mengatasi rambut rontok yaitu fengan mengkonsumsi vitamin B12. Banyak manfaat dari vitamin B12 ini beberapa diantaranya mampu menjaga sel-sel pada rambut dan juga membuat kulit kepala menjadi lebih sehat. Vitamin B12 dapat membantu tubuh dalam membentuk sel darah merah sehingga membantu dalam menyediakan oksigen dalam tubuh. Diantara sumber makanan yang memiliki vitamin B12 diantaranya daging, telur, susu, unggas dan jenis makanan lainnya.

11. Kemiri

Kemiri termasuk salah satu bumbu dapur yang paling banyak digunakan ketika memasak. Hampir 66 % lebih kemiri terdiri dari minyak yang mengandung mineral alami lengkap seperti zat besi, kalium, kalsium, dan sebagainya.

Minyak inilah yang sering dipakai oleh orang jaman dulu untuk mempercepat pertumbuhan jenggot dan kumis. Namun selain itu, kamu pun bisa memakai minyak kemiri tersebut untuk mengatasi rambut rontok secara alami.

12. Gunakan minyak essensial

Sekarang ini telah banyak beredar produk minyak essensial di kalangan masyarakat. Nah kamu bisa membeli minyak essensial tersebut untuk merawat rambut yang rontok.

Minyak essensial diperkaya dengan kandungan nutrisi seperti vitamin, mineral, antioksidan, dan lainnya yang terbukti menguatkan rambut sampai ke akarnya.

13. Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu bentuk produk olahan susu. Ia mengandung berbagai nutrisi penting untuk memelihara sistem pencernaan. Mulai dari serat, mineral alami, probiotik, asam folat, semuanya ada dalam yoghurt.

Selain bermanfaat bagi kesehatan, ternyata kandungan nutrisi dalam yoghurt juga berkhasiat untuk mempekuat rambut, memperbaiki sel rusak, menutrisi dari dalam, dan menyuburkan rambut dari akarnya.

14. Masker alpukat dan kentang

Dulu saya pernah membahas cara membuat masker alpukat dan masker kentang. Kedua bahan alami ini diperkaya dengan nutrisi yang baik untuk mengoptimalkan pertumbuhan rambut baru, menghitamkan rambut, menjaga kelembaban rambut, dan bahkan mampu mengkilaukan rambut kusam.

Sudah banyak sekali perusahaan yang mengekstrak alpukat dan kentang menjadi produk shampo ataupun penutrisi rambut. Gunakan kedua masker ini secara rutin setiap harinya setelah mandi keramas untuk hasil terbaik.

Naah, itulah tadi informasi tentang 14 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok semoga bermanfaat ya..

0 comments:

Post a Comment

 
Top