Sekarang ini konflik sosial banyak terjadi dimasyarakat, tentu saja banyak faktor penyebab konslik sosial tersebut. Nah,  dalam materi kali ini saya akan membahas tentang 4 Pengertian Konflik Sosial Menurut Para Ahli, memberikan pengetahun tentang faktor penyebab konflik sosial tersebut kali ini, pengetahuan yang akan dibagikan yaitu tentang pengertian konflik menurut para ahli. Karena pendapat para ahli tersebut memiliki pengertian atau cara pandang masing-masing yang tetap merujk pada satu tujuan yakni apa itu knflik sosial.

Pengertian konflik sosial


Kita mengetahui bahwa masyarakat kita adalah masyarakat majemuk yang terdiri dari berbagai suku bangsa, adat istiadat, agama, dan bahasa daerah. Keberagaman itu harusnya kiya pelihara dan senantiasa dijaga dengan sebaik-baknya agar menghasilkan sesuatu yang positif,yaitu terciptanya integrasisosial. Adapun caranya dengan saling menghormatidan menghargai perbedaan -perbedaan itu. namun,tidak jarang perbedaa -perbedaan itu menimbulkan pertentangan-pertentangan yang pada akhirnya melahirkan konflik dalam masyarakat.

Berikut pengertian konflik menurut para ahli.

a. Lewis A. Coser

4 Pengertian Konflik Sosial Menurut Para Ahli


Konflik sosial adalah perselisihan mengenai nilai-nilai atau tuntutan-tuntutan berkenaan dengan status, kuasa, dan sumber-sumber yang persediaanya terbatas. Pihak-pihak yang sedang berselisih tidak hanya bermaksud untuk memperoleh sumber-sumber yang diinginkan, tetapi juga memojokkan,merugikan, atau menghancurkan lawan mereka.

b. Lepold Von Wiese


Konflik sosial adalah suatu proses sosial di mana orang perseorangan atau kelompok manusia berusah untuk memenuhi apa yang terjadi tujuannya dengan jalan mentang pihak lain disertai dengan ancaman dan/atau kekerasan.

c. Robert M.Z. Lawang

Konflik sosial diartikan sebagai perjuangan untuk memperoleh hal-hal yang langka, seperti nilai, status, kekuasaan, dan sebagainya, yang mereka berkonflik itu tidak hanya memperoleh keuntungan, tetapi juga untuk menundukkan pesaingnya . konflik dapat diartikan sebagai benturan kekuatan dan kepentingan antara suatu kelompok dan kelompok lain dalam proses perebutan sumber-sumber kemasyarakan (ekonomi, politik, sosial, dan budaya) yang relatif terbatas.

d. Duane Ruth-Heffelbower

Konflikk sosial adalah kondisi yang terjadi ketika dia pihak atau lebih menganggap ada perbedaan posisi yang tidak selaras, tidak cukup sumber, dan/atau tindakan salah satu pihak menghalangi, mencampuri atau dalam beberapa hal membuat tujuan pihak lain kurang berhasil.

Itulah tadi sedikit materi yang bisa saya sampaikan tentang 4 Pengertian Konflik Sosial Menurut Para Ahli semoga bermanfaat untuk Anda.

0 comments:

Post a Comment

 
Top