Sistem operasi (Operating System/OS) adalah seperangkat progra yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka terkecuali program aplikasi booting. Berikut ini Fungsi Sistem Operasi selengkapnya silahkan baca disini.

Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya.

Untuk fungsi-fungsi perangkat keras seperti sebagai masuknya dan keluaran serta alokasi memori, sistem operasi bertindak sebagai perantara antara program apikasi dan perangkat keras komputer, meskipun kode aplikasi biasanya biasanya dieksekusi langsung oleh perangkat keras dan sering kali akan menghubungi OS atau terputus oleh itu. sistem operasi ditemukan pada hampir semua perangkat yang berisi komputer dari ponsel, dan konsol permainan video untuk super komputer, dan server web.

Contoh sistem operasi modern adalah Linux, Android, iOS, Mac OS X, dan Microsoft Windows. Secara umum fungsi sistem operasi adalah sebagai berikut.
  1. Mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna.
  2. Mengelola sumber daya terkait dengan pengendalian perangkat lunak sistem atau perangkat lunak aplikasi yang sedang dijalankan.
  3. Melakukan pengelolaan data pengendalian terhadap data masukan atau keluaran.
  4. Mempersiapkan agar program aplikasi dapat berinteraksi dengan perangkat keras secara konsisten dan stabil tanpa harus mengetahui secara detail perangkat keras.
  5. Melakukan pengelolaan proses mencakup penyiapan, penjadwalan, dan pemantauan proses program yang sedang dijalankan.
  6. Sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (eror) dan penggunaan komuter yang tidak perlu.
Sistem operasi secara umum terdiri dari bebrapa bagian yaitu sebagai berikut.

Fungsi Sistem Operasi

  1. Mekanisme boot, berfungsi untuk meletakkan kernel ke dalam memori kernel. Kernel dapat dikatakan sebagai inti dari sistem operasi.
  2. Command interpreter atau shell, bertugas untuk membaca input berupa perintah dan menyediakan beberapa fungsi standar dan fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi/program maupun peranti lunak lain. Contoh dari shell adalah Command Prompt pada Windows XP (DOS pada Windows 98), Xterm, dan Konsole di mesin Linux.
  3. Driver, berfungsi untuk berinteraksi dengan hardware sekaligus mengontrol kinerja hardware.
  4. Resource allactor merupakan sistem operasi yang bertugas mengatur dan mengalokasikan sumber daya dari perangkat.
  5. Handler, berperan dalam mengendalikan sistem perangkat agar terhindar dari kekeliruan (error) dan penggunaan sumber daya yang tidak perlu.
Sistem operasi PC dalam jaringan menyediakan fungsi khusus untuk menghubungkan sejumlah komputer dan perangkat lainnya ke sebuah jaringan, mengelola sumber daya jaringan, menyediakan layanan, dan menyediakan keamanan jaringan bagi multiple users.

Sistem operasi yang digunakan oleh jaringan client-server yang umum digunakan adalah Windows NT Server Family (Windows Server 2000 dan 2003), Novell NetWare, dan UNIX atau Linux. Adapun Windows 98, Windows 2000 Professional, Windows XP Professional, Windows 7, dan Windows NT Workstation tidak digunakan oleh server, tetapi dapat digunakan untuk menyediakan sumber daya untuk jaringan seperti dapat mengakses file dan printer.

Sistem operasi jaringan (Network Operating System) adalah sebuah jenis sistem operasi yang ditujukan untuk menangani jaringan. Umumnya, sistem operasi ini terdiri dari banyak layanan atau servis yang ditujukan untuk melayani pengguna seperti layanan berbagai berkas, layanan berbagai alat percetakan (printer), DNS service, dan HTTP service. 

Itulah tadi sedikit informasi yang bisa saya sampaikan tentang Fungsi Sistem Operasi semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

1 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

 
Top