Istilah ekologi sering kali digunakan dalam jurnal – jurnal ilmiah yang membahas mengenai dampak negatif berbagai macam aktivitas manusia terhadap lingkungan sekitarnya. Dalam jurnal – jurnal ilmiah ini, para pembuat jurnal biasanya menggunakan istilah ekologi untuk menggambarkan kondisi lingkungan, beserta dengan dampaknya untuk makhluk hidup atau pun organisme yang tinggal di sekitarnya.

Bagi orang – orang yang bergerak di bidang penelitian lingkungan hidup, istilah ekologi tentunya bukanlah istilah yang asing. Akan tetapi, bagi kebanyakan orang awam istilah ini tentunya bukanlah istilah yang familiar.

Apa itu ekologi? Apa arti ekologi dalam biologi? Banyak dari kita yang belum paham apa maksud dari kata-kata tersebut. Pasti dari kita sudah banyak yang mendengar istilah tentang ekologi, namun tidak banyak dari kita juga yang paham apa makna dari ekologi itu sendiri. Nah, berikut ini saya akan membahas tentang pengertian ekologi menurut beberapa ahli, selengkapnya silahkan baca disini. 

Pengertian Ekologi

Ekologi disebut juga ilmu lingkungan. Istilah ekologi pertama kali dikemukakan oleh ahli biologi Jerman Ernest haeckel 1834-1919. Istilah ekologi sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu oikos dan logos. Oikos mengandung arti rumah atau habitat, sedangkan logos artinya ilmu atau telaah. Secara sederhana ekologi dapat diartikan sebagai ilmu tentang habitat. Berikut ini adalah Pengertian Ekologi
  1. Otto Soemarwoto mengartikan ekologi sebagai ilmu tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya.
  2. Miller mengarikana ekologi sebagai ilmu tentang hubungan timbal balik antara organisme dan sesamanya serta dengan lingkungan tempat tinggalnya.
Ekologi merupakan integrasi dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan yang mempelajari jasad hidup maupun jasad tak hidup. Ilmu ini merupakan perpaduan antara berbagai cabang ilmu diantaranya adalah sosiologi, ilmu kesehatan, geografi, fisika, kimia, biologi, dan sebagainya. Tekanan pembahasan ilmu lingkungan antara lain pada masalah energi, materi, ruang, waktu, dan keanekaragaman. Pembahasan ilmu lingkungan melibatkan integrasi semua ilmu yang pada dasarnya ditujukan pada upaya untuk mengkaji tentang jasad hidup dengan lingkungannya. Fokus kajian membahas kecermatan pemindahan energi dalam berbagai sistem dan dampaknya. Semua yang ada di muka bumi ini tidak peduli apakah makhluk hidup maupun tak hidup selalu berinteraksi pada proses yang melibatkan pemindahan energi.

Makhluk hidup dan lingkungannya dapat dipandang sebagai satu kesatuan atau sistem. Sistem ini mengandung arti sebagai suatu kesatuan komponen-komponen yang saling berhubungan secara fungsional dan kait mengait secara teratur. Sistem yang demikian disebut biosistem. Semua biosistem yang berada di alam disebut biosfer.

Adapun hal-hal yang dipelajari antara lain sebagai berikut.

2 Pengertian Ekologi Menurut para Ahli

  1. Perpindahan energi dan materi makhluk hidup yang satu ke makhluk hidup yang lain dalam lingkungannya serta faktor-faktor yang menyebabkannya.
  2. Perubahan populasi atau spesies pada waktu yang berbeda dan faktor-faktor yang menyebabkannya.
  3. Interaksi antarspesies makhluk hidup serta hubungan antara makhluk hidup dan lingkungannya.
Berawal dari konsep ekologi yang diperkenalkan oleh Ernest Haeckel tersebut, banyak ahli yang kemudian memperdalam konsep lingkungan hidup bahkan hingga saat ini ilmu lingkungan hidup semakin berkembang.

Prinsip Utama Ekologi

Terdapat beberapa prinsip utama ekologi yaitu sebagai berikut:
  • Interaksi (interaction).
  • Saling ketergantungan (interdependence).
  • Keanekaragaman (diversity).
  • Keharmonisan (harmony).
  • Kemampuan berkelanjutan (sustainability).
Itulah tadi Pengertian Ekologi yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

0 comments:

Post a Comment

 
Top